Beranda Banten Bupati Serang Berharap MTQ Ke-52 Jadi Barometer Masyarakat Pahami Alqur’an

Bupati Serang Berharap MTQ Ke-52 Jadi Barometer Masyarakat Pahami Alqur’an

59
0
BERBAGI

Kabupaten Serang, Wartareformasi.com – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Serang ke-52 tahun 2022 yang berlangsung di Marbella Hotel Kecamatan Anyer. Pelaksanaan MTQ yang digelar selama tiga hari Senin sampai Kamis (28 — 31 Maret 2022) dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, MTQ yang setiap tahun dilaksanakan selain bertujuan untuk syiar agama islam juga diharapkan di Kabupaten Serang menjadi barometer. Barometer untuk mengukur sejauh mana masyarakat bisa membaca al qur’an dengan baik dan memahaminya.

“Dan yang paling pentingnya lagi mengamalkannya di keseharian, karena alqur’an kita tahu pegangan agama kita selaku umat muslim. Ketika kita sudah bisa memahami dengan baik, mengamalkan rasanya kita tanamkan ke kehidupan kita pasti semua rasanya aman dan nyaman,” ungkap Tatu.

Kemudian pada ajang MTQ saat ini juga untuk menyiapkan para kafilah-kafilah Kabupaten Serang, untuk di ikut sertakan dalam MTQ di tingkat Provinsi Banten yang akan di gelar pada akhir Tahun 2022 mendatang. Tatu mengakui masih menjadi PR (pekerjaan rumah) Pemda Kabupaten Serang LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) lantaran belum merebut kembali juara satu atau juara umum dari Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Mudah-mudahan saat ini kita berupaya (merebut kembali juara umum) dengan memberi keyakinan, kekuatan kepada para kafilah Kabupaten Serang,” katanya.

Oleh karena itu, Tatu terus mendorong kepada jajaran LPTQ dan pondok pesantren (ponpes) untuk fokus dalam memberikan pembinaan sesuai dengan kategori atau keahliannya masing-masing. “Karena untuk ajang MTQ tidak bisa dilakukan dadakan, semua harus berbagi tugas. Ponpes di Kabupaten Serang banyak sekali masing-maisng punya keahlian, jadi pemda, LPTQ dengan jajaran ulama yang memilik ponpes bersama-sama fokus memberi pembinaan kepada para kafilah,” tuturnya.

Turut hadir pada pembukaan MTQ tersebut, Wakil Gubernur (Wagub) Banten, Andika Hazrumy, Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Asda I, Nanang Supriatna, Asda II Hamdani, Asda III Ida Nuraida, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD), para camat se Kabupaten Serang dan para dewan hakim, serta tamu undangan.

Wagub Banten, Andika Hazrumy berharap penyelenggaraan MTQ Kabupaten Serang kali ini dapat menjadi ajang pembentukan generasi muda Kabupaten Serang yang qur’ani. Melalui MTQ kali ini juga diharapkan dapat lebih memacu masyarakat khususnya generasi muda untuk memahami, menghayati dan mengamalkan Al-Qur’an. “Sebagai pedoman hidup untuk menata kehidupan yang lebih baik, secara duniawi maupun ukhrowi,” kata Andika.

Sementara itu, Asda I Kabupaten Serang, Nanang Supriatna mengatakan tujuan dilaksanakannya MTQ untuk memasyarakatkan semangat kepada segenap lapisan masyarakat, keluarga, generasi muda dan pemerintah untuk lebih mencintai dan mendalami isi kandungan al qur’an.

“Kemudian sebagai wahana pembinaan dalam upaya mengukur prestasi para qori dan qoriah, hafidz-hafidzoh, mufatsir-mufatsiroh, khottoh-khototoh yang baik yang akan mau pada ajang MTQ tingkat provinsi, nasional dan internasional,” ujarnya.

Diketahui, MTQ Kabupaten Serang ke-52 di ikuti sebanyak 1.392 peserta dalam 11 cabang dan 20 golongan yang diperlombakan. Diantaranya Cabang tilawah, Cabang Tahfidz Al-Qur’an, Cabang tafsir Al-Qur’an, Cabang Qiroatul Qutub, Cabang fahmil Qur’an, Cabang Syahril Qur’an, dan Cabang menulis makalah. Adapun dewan hakim yang terlibat dalam kegiatan tersebut sebanyak 120 orang dan 70 orang petugas makro.

Sebagai catatan seluruh perlombaan MTQ kali ini dilakukan secara offline atau tatap muka namun atau tidak diperkenankan ada penonton karena acara disiarkan langsung melalui zoom dan live streaming youtube.**@Inan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here