Beranda Mau Tau Pemerintah Desa Makartitama Gelar Musdes Rencana Kerja 2021

Pemerintah Desa Makartitama Gelar Musdes Rencana Kerja 2021

183
0
BERBAGI

LAHAT –  SUMSEL, Warta Reformasi – Pemerintah Desa Makartitama Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat, menggelar musyawarah Desa (MusDes) rencana kerja untuk tahun 2021, dihadiri Ketua BPD, Muhamad Ihsan beserta Anggota, Kepala Desa Makartitama, Dul Rohim beserta perangkat Desa, LPM, LPA dan RT, di kantor Desa setempat, Senin (30/11/2020).

Turut menghadiri Camat Lahat, Subhan Awali, S.Stp M.Si beserta Staf, Kapolsekta yang diwakili Kanit Kamtimas dan Koramil Kota yang diwakili Babinsa, juga Menager PTPN7, H. Endah Arifin Zulkarnain Seregar beserta jajaran

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Makartitama, Muhammad Ihsan dalam penyampaiannya sangat mengapresiasi sekali atas terobosan-terobosan dilakukan Kepala Desa makartitama, Dul Rohim, seperti PAMSIMAS, MCK dan bahkan usulan yang lain,” ungkapnya.

Kemudian, Irsan menambahkan bahwa BPD akan selalu mendukung kegiatan yang sifatnya untuk memajukan Desa dan selalu berusaha untuk bersinergi dengan Pemeritah Desa Makartitama agar kedepan lebih maju,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Makartitama, Dul Rohim dalam kata sambutannya menyampaikan demi untuk memajukan desa mari kita sama-sama bahu- membahu untuk menyampaikan program kedepan, seperti dalam musdes ini adalah wadah atau tempat kita berencana untuk tahun 2021, selain itu kalau hanya kami dari pemeritah desa yang bergerak tidak akan bisa terlaksana dengan baik suatu pekerjaan, untuk itu Ketua BPD beserta angota mengundang kita di MusDes ini,” jelas Kades.

Kades menambahkan tetapi di perencanan yang ada nanti kita kaji lagi, mana yang akan didahulukan karena mengingat Dana Desa (DD) kita terbatas. “Untuk itu kita mengundang Camat, Kepolisian, TNI dan pihak PTPN7, kenapa? supaya di massa kepemimpinan saya selalu terbuka dan mudah-mudahan bisa berjalan dengan sinergi satu sama lain,” ujar Kades.

Sementara itu, Camat Lahat, Subhan Awali S.Stp M.Si menyampaikan Dana Desa tetap jadi acuan pertama untuk membangun dan memajukan desa tetapi jagan pula terlalu fokus dengan DD karena terbatas, apal lagi sekarang ditahun angaran 2021 sudah ada peraturan untuk Penanggulangan Covid-19, yang mana setiap perbulannya Rp.200.000,- maka dari itu semua kemajuan didesa tergantung dari pergerakan atau terobosan dari pemerintah desa. “Tidak mungkin buah akan jatuh sendiri kalau tidak kita ‘Julok'(Jemput Bola),” ucap Camat.

setelah itu Kanit Kamtimas Polsekta yang dalam penyampaiannya menyampaikan bahwa selain dari kepolisian, kalau bisa suatu permasalahan yang ada diselesaikan dulu oleh pemerintah Desa kemudian kalauasih belum selesai juga minta lah untuk ditengah i oleh kamtimas di masing-masing wilayah. ungkap kanit

setelah itu kanit dari kapolsekta menambahkan kalau kamtimasnya tidak bisa dihubungkan saya selalu stenbay 1×24 jam, akan tetapi namanya manusia pasti ada waktu lelahnya kalau mau menghubungi saya, silakan hubungi antara jam 01.00 wib-02.00 wib malam, itulah aktifitas keseharian saya. ungakp kanit Binmas

Menurut Koramil Kota yang disampaikan Babinsa, Kopda Jhono Tri mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada diwilayahnya supaya tetap mematuhi protokol kesehatan dan kalau mau ada keramaian tolong koordinasi dengan Babinsa terlebih dahulu, mengingat negara kita masih memeranggi wabah cobid-19 untuk itu jangan dulu membuat kerumunan dan selalu kordinasi kalau mau ada keramaian kemudian sekarang juga ada kelangkaan Gas 3 Kg karena untuk itu kita tekan dengan pihak pangkalan yang ada supaya jangan dulu menjual ke warung untuk itu dibutuhkan kerjasama antar semua lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Lanjut, Babinsa menggigatkan kembali jangan dulu buat kerumunan karena itu semua untuk kebaikan kita semua, supaya memutus mata rantai penyebaran virus corona biasakan terapkan 3M (Memakai masker, Memcuci tangan dan Menjaga jarak),” harapnya.

Manager PTPN7, H. Endah Arifin Zulkarnain Seregar dalam sambutannya menyampaikan mengingat bangsa kita masih berperang menghadapi pandemi covid-19, untuk itu diperlukan dana yang tidak sedikit dan perlu kita ketahui bersama keuntungan dari hasil PTPN7 yang bergerak di perkebunan karet dan sawit ini, semua keuntungan dialihkan kepenangganan Covid-19,” ungkap maneger PTPN7.

Pada Musdes Makartitama yang berlangsung,  Senin (30/11/2020) melanjutkan hasil Musdes pada (22/9/2020) lalu, yaitu sebagai berikut :
1).Kadus 1 mengusulkan sambungan jalan produksi, pos kamling permanen, pelebaran jalan tikungan masjid Al-Iklas, pengajuan ternak kambing dan sapi, tempat sampah, bak penampungan air.

2).Kadus 2 mengusulkan Gedung serbaguna, Sumur Bor atau Pamsimas, Rehap Gedung pusbedes dan usulan baru pipanisasi untuk pamsimas, mesin sumur bor, pos kamling beserta pelatihan lembaga.

3).Kadus 3 mengusulkan pembangunan gedung serbaguna, jalan rapbeton kepemakaman, jalan rabat beton di RT8, Embung, pamsimas atau sumur Bor beserta pipanisasi, poskamling permanen, bidang pemberdayaan yaitu guru ngaji.

4).Kadus 4 mengusulkan jalan cor beton kearah pengambilan air bersih 200 meter, pengadaan tenda dua unit beserta kursi 200 pc.

5).Pos Bindu Balita Mengusulkan ATK, Seragam kades, somsistem, timbangan digital,taplak meja dan tempat mencuci tangan

6).Ketua PKK Mengusulkan ATK, Baju seragam

7).LPA Mengusulkan tempat sampah kalau bisa disediakan 1 RT : 1 tempat sampah

8).TK-PAUD Mengusulkan papan tulis untuk mengajar, seragam untuk pengajar, alat edukasi atau alat untuk bermain anak-anak dan ATK

Setelah itu, Kepala Desa dan ketua BPD Makartitama menyimpulkan untuk perencanan yang diuraikan tadi, nanti kita pelajari lagi dan kita pilih sesuai dengan kapasitas yang bisa didahulukan dan untuk persiapan karna menggigat Dana Desa kita terbatas,” tutup Kades.**@Herlan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here