Beranda Banten Diduga Oknum Penilik PAUD di Kecamatan Mancak Lakukan Pungli, LSM FPK Layangkan...

Diduga Oknum Penilik PAUD di Kecamatan Mancak Lakukan Pungli, LSM FPK Layangkan Lapdu Ke Tipikor Polres Cilegon

224
0
BERBAGI

Serang, Warta Reformasi – Terkait adanya dugaan oknum penilik PAUD di kecamatan Mancak melakukan pungutan liar (Pungli) terhadap lembaga Pendidikan anak usia dini (PAUD) diwilayah ini, hal ini menjadi sorotan Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Front Pemantau Kriminal (FPK) melayangkan  surat Laporan pengaduan (Lapdu) ke Tipikor Polres Cilegon.

Sekretaris jendral DPP LSM Fornt Pemantau Kriminalitas (FPK), Rezqi Hidayat, S.Pd mengungkapkan bahwa Lapdu tentang dugaan pungli yang dilakukan oleh oknum Penilik PAUD di Kecamatan Mancak yang berinisial BR sudah kami layangkan ke bagian Tidpikor Polres Cilegon, seminggu yang lalu,” jelasnya di temui Pewarta di kantor sekertariatnya, Jumat (4/9/2020).

Dikatakan Rezqi, dalam rangka menegakkan supremasi hukum dengan mengacu kepada Undang – Undang No. 28 Tahun 1999 Tentang Penyelenggaraan Negara Yang Bersih dan Bebas KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) Pasal 8 dan 9 Juncto Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2000 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Negara,” katanya.

Maka kami selaku tim DPP Lembaga Front Pemantau Kriminalitas (FPK) yang ada di Provinsi Banten akan melayangkan surat kepada Kepada Kapolres Cilegon, CQ. Kanit Unit III (Tidpikor Polres Cilegon ), untuk menindaklanjuti Laporan Pendahuluan Pengaduan (LAPDU) atas adanya dugaan telah terjadi perbuatan melawan hukum berupa penyelewengan melanggar ketetapan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor : 87 Tahun 2016 tentang Sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) serta Undang- Undang Nomor: 31 Tahun 1999 Jo UU No. 20 Tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi,” ungkapnya.

Lanjut, Rezqi Jadi kami menegaskan dalam rangka membantu kinerja pemerintahan yang bersih dari KKN akan senantiasa konsisten memantau sebagaimana data-data yang kami pegang dari lembaga paud yang laporan  pengaduannya ditulis dalam bentuk pernyataaan kepada DPP lembaga swadaya masyarakat Front Pemantau Kriminalitas (FPK) untuk segera meninjaklanjuti atas aduan adanya dugaan praktek pungli di wilayah Kecamatan Mancak,” paparya.

Di jelaskan oleh tiga orang saksi yang enggan di sebutkan namanya, bahwa kami selaku saksi dan korban, menyatakan siap memberikan keterangan ketika penyidik tidpikor polres cilegon mengundangnya untuk memberikan keterangan terkait dugaan pungli dana BOP PAUD oleh oknum penilik PAUD di kecamatan Mancak,” jelasnya.

Ketika di komfirmasi via WhatsApp, terkait surat Lapdu dari LSM FPK itu, menurut  salah satu anggota penyidik Tipikor Polres Cilegon, mengatakan membenarkan adanya surat Lapdu tersebut dan sedang menunggu disposisi,” jawabnya Singkat.

Hingga berita ini diterbitkan oknum penilik PAUD kecamatan Mancak (BR-Red) belum dapat dikonfirmasi.**@Tim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here