Beranda Banten Kades Kemuning Salurkan BLT-DD, Sekdis DPMPD Ingatkan Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Kades Kemuning Salurkan BLT-DD, Sekdis DPMPD Ingatkan Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

32
0
BERBAGI

Kabupaten Tangerang, Warta Reformasi – Kepala Desa Kemuning, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Jamaludin, S.E., telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap ke 3 (tiga) kepada warganya yang terdampak Covid-19, dengan disaksikan Mas Yoyon Suryana, S.H., M.M. selaku Sekretaris DPMPD Kabupaten Tangerang beserta jajarannya, dan mengingatkan masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan, Kamis (3/9/2020).

Menurut Kades Kemuning, Jamaludin, S.E., Dampak sosial dan ekonomi yang diakibatkan pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat. Hal ini disebabkan adanya pembatasan kegiatan ekonomi yang secara makro menurunkan pertumbuhan ekonomi dan menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan, sehingga berpotensi meningkatkan jumlah masyarakat miskin,” katanya.

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) adalah bantuan uang tunai di peruntukan untuk keluarga miskin di Desa yang bersumber dari Dana Desa untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19.

Hal itu berdasarkan Permendesa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Permendesa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa yang diantaranya terkait penyediaan Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa, serta menindaklanjuti Instruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19 di Desa Melalui APBDesa dan Permen Keuangan Nomor 40 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permen Keuangan Nomor 205 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Dana Desa,” jelas Kades.

Kepala Desa Kemuning, Jamaludin, S.E., menuturkan, penyaluran ini adalah tahap ketiga dengan jumlah penerima BLT Dana Desa sebanyak 278 Keluargan Penerima Manfaat (KPM), untuk penyalurannya ditempatkan pada masing-masing Ketua RT di wilayahnya supaya lebih mendekatkan dan memudahkan para penerima yang mayoritas para lansia atau jompo,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pemberdayaan masyarakat dan pemerintah desa (DPMPD)Kabupaten Tangerang, Mas Yoyon Suryana, S.H., M.M, berpesan kepada para penerima agar dana yang diterima digunakan seperlunya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan menghimbau kepada warga masyarakat agar senantiasa memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19, diantaranya memakai masker ketika keluar rumah, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjalankan perilaku hidup bersih sehat (PHBS),” Sekdis.

Senada yang disampaikan oleh Para penerima BLT Dana Desa merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah, Pemerintah Daerah juga Pemerintah Desa atas kepedulian dan perhatian terhadap warga masyarakat yang terdampak ekonominya yang diakibatkan pandemi Covid-19.**@(romi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here