Beranda Mau Tau Tak Hanya Selenggarakan Kejar Paket, PKBM Kesuma Bangsa Kembangkan Kerajinan Tangan dan...

Tak Hanya Selenggarakan Kejar Paket, PKBM Kesuma Bangsa Kembangkan Kerajinan Tangan dan Pertanian

398
0
BERBAGI

PALI – Sumsel, Warta Reformasi – Tak hanya menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar (Kejar Paket) bagi peserta didiknya, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kesuma Bangsa Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) saat ini sedang terus memberi materi keterampilan dibidang kerajinan tangan dari bahan baku rotan misalnya pembuatan kursi, meja, rak sepatu dan pertanian. “Hal ini di sampaikan oleh Pembina PKBM Kesuma Bangsa, Ali Azmi, Am.Pd kepada media ini di kantornya, Rabu (19/8/2020).

Ali Azmi juga mengaku beragam materi dalam kerajinan akan diajarkan pada peserta didiknya, bahkan untuk para tutornya pun sudah tersedia. “Selain itu, peralatan penunjang yang lainnya terus dilengkapi sekalipun belum semua lengkap,” jelasnya.

“PKBM bisa seperti ini merupakan sukses bersama, dari hasil kerja keras dan perjuangan semua yang ada di PKBM ini, termasuk bidang kerajinan yang saat ini terus dikembangkan di Pokjar Sungai Langan yang di kemandoi oleh Sugeng Pribadi sebagai ketua penjaringan PKBM Kesuma Bangsa,” ujar Ali.

Senada juga yang di tuturkan, Ketua Kelompok Belajar (Pokjar) Sungai Langan, Sugeng Pribadi, Pokjar yang saya kemandoi ini terus menggalakan pelatihan ketetampilan seperti kerajinan tangan mengelolah bahan baku rotan dibuat menjadi Kursih, Meja dan lainnya. “kepada peserta didik selain menimbah ilmu pengetahuan umum, juga untuk saat menggali keterampilan yang sekaligus membuka lapangan kerja,” kata Sugeng.

Selain dari itu Pokjar PKBM Kesuma Bangsa yang berada di desa Semangus juga usaha perternakan Lele, dan bikin lahan pertanian hal di laksanakan agar bisa menumbuhkembangkan minat belajar siswa yang ada di PKBM ini,” tutup Sugeng.

Sama halnya yang disampaikan oleh Ketua PKBM Kesuma Bangsa, Sapuan, warga belajar kami diarahkan bagaimana cara bercocok tanam yang baik tanpa membakar lahan mengingat lahan yang kita kelolah adalah lahan masyarakat. “Sementara yang kita tanam jenis pertanian palawija, sesuai dengan imbauan bapak presiden tentang ketahanan pangan nasional, serta ini juga program dinas pertanian kabupaten PALI Insyah Allah di musim tanam nanti dapat bantuan bibit dan racun tutup,” Sapuan.**@Yupantri/wiwin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here