Beranda Mau Tau Hadiri Peringatan HPN 2020, Begini Pesan Presiden Buat Insan Pers

Hadiri Peringatan HPN 2020, Begini Pesan Presiden Buat Insan Pers

538
0
BERBAGI

Kalimantan Selatan, Warta Reformasi – Kehadiran Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) pada Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 digelar di kompleks kantor pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjarbaru pada Sabtu 8 Februari 2020 menyampaikan pesan penting bagi insan pers, Minggu (9/2/2020).

Melansir Republika, Kehadiran Presiden RI beserta rombongan ini disambuat antusias oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.
Peringatan HPN tahun ini mengangkat tema ‘Pers Menggelorakan Kalimantan Selatan Sebagai Gerbang Ibu Kota Negara’. Dalam sambutannya, Jokowi menegaskan pers menjadi temannya sehari-hari, dirinya mengaku menyempatkan diri menghadiri peringatan HPN 2020 di tengah kesibukannya.

Mengutip berita Tempo, Presiden mengungkapkan mengapa dirinya harus hadir pada puncak pelaksanaan Hari Pers Nasional? Karena insan pers adalah teman saya sehari-hari,” kata Jokowi, dalam keterangan tertulis Sekretariat Negara.

Dalam acara tersebut, Jokowi menyebut bahwa pers merupakan elemen yang selalu ada dalam kesehariannya sebagai Presiden. Ke mana pun ia berdinas, Jokowi mengatakan selalu memastikan ada wartawan.

Bahkan Menteri saja, kata Jokowi, tidak selalu ikut. “Yang mengejar saya sehari-hari, yang menghadang saya untuk doorstop, yang menyebabkan saya kadang-kadang gugup dan gagap karena enggak siap ditanya sesuatu juga insan pers,” ucap Jokowi.

“Jadi berhadapan dengan insan pers, saya itu bukan benci tapi rindu, tetapi selalu di hati dan selalu rindu,” kata Jokowi kepada Tempo.
Jokowi juga mengingatkan kembali peran pers dalam berbagsa. Ia menuturkan selain sebagai lembaga untuk memberitakan kinerja pemerintah, pers juga berkontribusi menjaga kondusivitas bangsa. “Peran pers diharapkan tidak menambah kepanikan. Negara sangat membutuhkan dalam perspektif yang jernih,” ujarnya.

Hadir juga sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju diantaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Menkominfo Johnny G Plate. Kemudian Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

Nampak hadir Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo serta Ketua Dewan Pers M. Nuh. Ketua PWI Pusat Atal S Depari, beberapa kepala daerah seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, sejumlah pimpinan lembaga negara serta staf khusus Presiden.**@Terkini.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here