Beranda Mau Tau Press Conference Polres Muara Enim Jelang Akhir 2019

Press Conference Polres Muara Enim Jelang Akhir 2019

439
0
BERBAGI

Muara Enim, Warta Reformasi – Polres Muara Enim jelang akhir tahun 2019 menggelar Press Conference dibuka langsung oleh Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono, S.H.,S.IK.,M.H., memaparkan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai Polres Muara Enim selama 2019, yang dilaksanakan dihalaman Polres Muara Enim, Selasa (31/12/19).

“Capaian itu mulai dari pengungkapan Kasus menonjol berupa curat, curas, curanmor hingga membongkar jaringan Narkoba 1100 Pil Estasi. Ungkap kasus yang menonjol salah satunya Curas yang menakibatkan Meninggalnya Korban Dsn VI Desa Lubuk Raman Kec. Rambang Niru dan Sat Reskrim Polres Muara Enim berhasil menangkap pelakunya,” Kata Afner dalam acara rilis Akhir Tahun Polres Muara Enim 2019.

Polres Muara Enim Sepanjang 2019, melaksanakan 13 operasi kepolisian terdiri atas 4 operasi terpusat dan 9 operasi kewilayahan diantaranya 4 operasi kepolisian terpusat 2019. Operasi Mantab Brata untuk meningkatan pengamanan pemilu dan pasca pemilu 2019, Operasi Ketupat pengamanan jelang hari raya Idul Fitri, Operasi Zebra dan Operasi Lilin pengaman untuk menjamin kamtibmas saat Natal dan Tahun Baru,” paparnya.

Afner menuturkan jumlah kejahatan yang dilaporkan pada 2019, menurun 102 kasus atau 13,01 persen dibanding tahun 2018. Penyelesaian perkara di 2019 meningkat 85,92 persen ,dibanding pads tahun 2018 sebanyak 78,95 persen.

Lanjut Afner,  penyelesaian kasus kejahatan konvensional pada 2019 mengalami penurunan 62 kasus atau 10,49 persen bila dibanding tahun 2018. “Secara umum, kinerja penyidik dalam penyelesaian kasus kejahatan konvensional di tahun 2019 meningkat 81,85 persen.

Sementara pada kasus kejahatan transnasional penyalahgunaan narkoba, pengungkapan kasus mengalami penurunan 34 perkara atau 21,65 persen dibanding tahun 2018. “Ini menunjukkan efektifnya upaya kami secara massif dibantu Polsek jajaran untuk menurunkan angka penyalahgunaan narkoba yang sudah meresahkan masyarakat. Adanya peningkatan barang bukti Pil Extasy yang disita aparat sebanyak 1.678,5 Butir ditahun 2019. “Ini jadi warning terutama di lingkungan Masyarakat Kabupaten Muara Enim,” tegas Afner.

Dikatakan, dalam penanganan kasus yang melibatkan kekayaan Negara berupa kasus korupsi, kami memproses sebanyak 15 kasus pungli dan pemerasan, dan tiga kasus korupsi yg telah P21. “Termasuk atensi 3 kasus kebakaran hutan dan lahan yang menjadi perhatian masyarakat beberapa waktu lalu, berkas perkara telah lengkap kami serahkan para tersangka ke kejaksaan,” terang Afner.

“Untuk Laka Lantas mengalami penurunan 7 Kasus atau 5,46 persen dibandingkan tahun 2018, Pelanggaran lalu lintas Naik 532 Pelanggaran atau 6,09 persen dibandingkan tahun 2018 karena maksimalnya kegiatan pencegahan kecelakaan. “Yang terpenting, fatalitas korban kecelakaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia turun sebanyak 11 orang atau 11.11 persen,” tambah Afner.

Prestasi yang didapat Polres Muara Enim Tahun 2019 yaitu Survey Marc Plus Insight bulan Februari Peringkat – 1 dari 49 Polres Klasifikasi Kota Besar tentang Indeks Kepuasan Masyarakat (mencapai 98,19 persen), Peringkat – 1 dari 44 Polres Klasifikasi Kota Besar tentang Indeks Kepercayaan Masyarakat mencapai 100 persen. Peringkat Pertama penilaian kinerja Satwil Jajaran bidang Wasdal dari Polda Sumsel dan yang terakhir Apresiasi atau Penghargaan dari Kemenpan atas prestasi sebagai unit kerja Pelayanan Berpredikat WBK (Wiayah Bebas Dari Korupsi).

” Terimakasih kepercayaan masyarakat pada Poles Muara Enim, dan harapan Polres Muara Enim di tahun 2020 terkait Kamtibmas berharap seluruh lapisan masyarakat berperan aktif menjaga situasi kamtibmas diwilayah masing-masing. Dan terkait Narkoba masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan dan partisipasi masyarakat terhadap informasi peredaran narkoba.

Disamping meningkatnya budaya tertib berlalu lintas, Saya juga menghimbau kepada masyarakat agar dalam Perayaan malam pergantian tahun baru 2020 lebih baik diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positifd dan tidak hura-Hura secara berlebihan selalu tetap menjaga keamanan, Mensukseskan serta mendukung pembangunan Kabupaten Muara Enim agar aman, damai dan sejuk,” pungkas Afner Juwono.

Dalam mengakhiri jumps Pers bersama para awak media tersebut,Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono,  mengutarakan atas capaian kinerja selama ini mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat atas peran aktif membantu kinerja dan khususnya kepada seluruh personel Polres Muara Enim yang telah bekerja keras dalam menjaga stabilitas kamtibmas selama tahun 2019.

“Tahun 2020 kami persembahkan ruang pelayanan masyarakat baru yang nyaman kepada masyarakat untuk pembuatan SKCK, perpanjangan SIM dan menerima laporan di SPK. Polres Muara Enim bersemangat untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bebas Melayani/WBBM tahun depan,” tutup Afner Juwono.**@(ApJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here