Beranda Hukrim Perekrutan Karyawan PT SBS Diminta Fair Dan Profesional

Perekrutan Karyawan PT SBS Diminta Fair Dan Profesional

594
0
BERBAGI

Muara Enim “Warta Reformasi”_ Anggota Dewan Muaraenim soroti perekrutan karyawan PT Satria Bahana Sarana (SBS) yang merupakan cucu perusahan PTBA (persero) Tbk.

Seperti yang dikatakan Anggota Komisi II DPRD Muaraenim dari Fraksi Nasdem, Kasman bahwa perekrutan karyawan baru PT SBS secara terbuka tentu telah dinanti-nanti oleh warga Muara Enim.

“Dengan adanya perekrutan secara terbuka bearti PT SBS telah memberi kesempatan kepada masyarakat Muara enim untuk mengadu nasib dalam mendapatkan pekerja,”ujarnya pada wartawan
Hanya saja lanjut Kasman,pelaksanaan perekrutan Karyawan PT SBS hendaklah dilakukan secara transparan.”Harus jelas berapa yang diterima dari masing-masing formasi yang dibuka,dan tahapan-tahapannya,agar masyarakat tahu dan tidak terjadi negatif Thingking terkait proses penerimaan tersebut,” jelasnya.

Dikatakan Kasman,pihaknya akan mendukung penuh bila proses perekrutan karyawan tersebut dilakukan secara jujur dan profesional.

“Istilahnya jangan pernah ada karyawan siluman,tidak ikut tes tapi tidak tahunya langsung kerja atau juga jangan ada istilah titip menitip atau bawaan pejabat A atau B,lakukan semua proses penerimaan itu secara bersih agar masyarakat yang benar-benar memiliki kemampuan di bidangnya mendapat kesempatan untuk bisa bekerja,lakukan semua proses perekrutan benar-benar secara transparan,” harapnya.

Penerimaan karyawan yang dilakukan secara transparan dan bersih dapat menghindari gejolak yang terjadi di masyarakat.
”Biarkan masyarakat yang ikut test berjuang sendiri dan mengadu keberuntungannya sendiri,kalau mereka layak jadi karyawan ya terima yang tidak memenuhi kriteria ya jangan diterima, dengan begitu perusahaan akan mendapatkan karyawan yang benar-benar berkualitas,”pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya Dari 258 orang peserta yang mengikuti seleksi dalam rangka penerimaan karyawan PT Satria Bahana Sarana (SBS) yang merupakan cucu perusahaan PT BA (persero) TBK, puluhan peserta tak hadiri kegiatan tersebut.

Berdasarkan pantauan Awak Media di lapangan,Minggu.(13/5/2018) kegiatan seleksi perekrutan karyawan tersebut dilaksanakan di Aula Yayasan Perguruan Serasan Muara Enim dan dilaksakan oleh Pusat Pelayanan Jasa Ketenagakerjaan (PPJK) UNSRI Palembang.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala PPJK UNSRI, Dr Zainudin Nawawi melalui Ketua Panitia Muara enim, Agung Mataram ST.MT.PhD.didampingi Humas,Aditya Prana mengatakan, setelah melalui proses tahap seleksi administrasi dinyatakan ada 258 peserta yang lulus tes administrasi dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya yakni Psikotes tertulis dan Psikotes Wawancara.

“Proses seleksi ini kita lakukan di dua lokasi yakni Kota Palembang dan Muara enim,untuk Muara enim ada 168 peserta yang mengikuti tes tertulis yang kita laksanakan pada Sabtu,(12/5/2018) dan psikotes wawancara yang kita lakukan hari ini,namun dari jumlah tersebut sebanyak 23 peserta yang tidak hadir,” katanya.

Selain itu lanjutnya untuk di Palembang ada sebanyak 90 peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.”Namun untuk seleksi psikotes tertulis dan wawancara ada 60 peserta yang tidak hadir,”jelasnya
Diungkapkannya adapun formasi yang dibuka dalam penerimaan karyawan tersebut sebanyak 12 formasi diantaranya Financial Manager,Mining Operation Manager,
HR Manager,Mine Engineer (Mine Plan, Civil Engineer) Plant Supervisor (Wheel Section), Plant Supervisor (Track Section) Mining Production Superintendent,
Operator PC 1250, Operator PO850, Operator H0785,Operator Motor Grader, dan Mekanik Alat Berat (Senior Mechanic, Mechanic).

”Untuk pengumuman perekrutan ini juga telah disebar luaskan baik melalui disnaker maupun selebaran, dan seleksi ini khusus bagi yang berpengalaman.” katanya.

“Namun saat ditanya berapa banyak karyawan yang akan diterima melalui seleksi ini pihaknya enggan mengungkapkannya.”Kami tidak bisa memberitahu berapa banyak yang akan diterima sesuai formasi karena itu yang tau cuma pihak perusahaan dan atasan PPJK Unsri, dan setelah tahap ini juga kami belum bisa memberitahu tahapan yang akan di lakukan selanjutnya,
karena itu akan kami umumkan setelah hasil tes psiko ini,mungkin sekitar 3 hari kedepan hasilnya akan kami umumkan.” pungkasnya.**@Budi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here