Beranda Banten Dongkrak Ekonomi Masyarakat, Kades Mekarsari Kembangkan Tiga Lokasi Agrowisata

Dongkrak Ekonomi Masyarakat, Kades Mekarsari Kembangkan Tiga Lokasi Agrowisata

463
0
BERBAGI

Kabupaten Serang, Wartareformasi.com – Kabupaten Serang Provinsi Banten dianugerahi geografis yang lengkap, khususnya potensi sumber daya alam salah satu di Kecamatan Cinangka selain memiliki keindahan panorama pesisir pantai yang indah, Kecamatan Cinangka juga memiliki destinasi wisata alam pegunungan dengan panorama keindahan alam yang asri dan alami.

“Dalam rangka memamfaatkan sumberdaya alam dan pemberdayaan sumber daya manusia, serta mendongkrak roda perekonomian masyarakatnya, Pemerintah Desa (Pemdes) Mekarsari Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang Provinsi Banten akan menata dan mengembangkan tiga lokasi Agrowisata, hal ini disampaikan H.Tajudin saat ditemui dikediamannya, Minggu (5/2/2023).

Kepala Desa Mekarsari, H. Tajudin, memaparkan bahwa, Agrowisata di Desa Mekarsari merupakan perpaduan dan kolaborasi antara Kelompok Tani (Poktan) dan Kelompok Kesadaran Wisata (Pokdarwis) serta Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) tujuannya agar tata kelola wisata alam dan ketahanan pangan masyarakat serta kelestarian hutan di desa Mekarsari tetap terjaga dan terpelihara dengan baik.

“Selain Kopi yang sudah berproduksi di Desa Mekarsari saat ini, masyarakat setempat di tiga lokasi telah memanfaatkan lahan dengan menanam padi huma beras merah dan nanas simadu diharapkan panen pada 2 atau 3 tahun mendatang,” paparnya.

H. Tajudin juga menjelaskan bahwa, Tiga lokasi yang akan di kembangkan oleh Pemerintah Desa Mekarsari merupakan tanah milik Kementerian Kehutanan oleh karenanya pihak pemerintah desa terlebih dahulu akan mengurus surat izin kepada pihak Dinas Kehutanan Kabupaten Serang untuk dapat dimanfaatkan dan di kelola oleh masyarakat.

“Agar bisa dikelola oleh masyarakat, kita urus perizinannya terlebih dahulu,” ungkapnya.

Dibeberkannya, Adapun tiga lokasi yang akan dikembangkan menjadi tempat Agrowisata di desa Mekarsari yaitu seperti ;

1. Bukit Gunung Malang, berlokasi di Kampung Sindangsari, Viur Pemandangan Alam dapat melihat hamparan laut selat Sunda dengan udara yang sejuk

2. Bukit Pariuk Nangkub, lokasinya di Kampung Cikalahi, Viur pemandangan Alam yang asri sejuk keindahan panoramanya dapat memandang hamparan laut selat Sunda

3. Pesona Alami Curug Sawer, lokasinya di Kampung Cikalahi, air yang dingin dan jernis serta panorama alam yang asri dan alami

Dalam tahun 2023 ini, Lanjut H. Tajudin, penataan lokasi Agrowisata Pariuk Nangkub segera dibangun setelah izin dan kerjasama dari Dinas Kehutanan terbit sebagai penunjang sarana prasarana inspratruktur akses jalan ke tiga lokasi agrowisata.

“Juga akan dibangun termasuk jalan poros desa di tahun 2023 ini, jalan Mekarsari yang menghubungkan ke destinasi wisata Desa Cikolelet akan di bangun juga,” terangnya.

Selaku Kepala Desa Mekarsari, H.Tajudin, Optimis agrowisata yang saat ini akan di tata dan dikembangkan di desanya, akan berdampak kepada peningkatan roda perekonomian masyarakat.

“Oleh karena itu pihaknya mengajak semua elemen masyarakat berperan aktif dan berjibaku menata, dan mengelola lokasi Agrowisata yang manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

H. Tajudin juga minta kepada Bupati Serang dan pihak pihak terkait untuk mensupport program tiga lokasi Agrowisata di Desa Mekarsari, agar selain akses jalan juga ditunjang juga dengan sarana Lampu Penerangan jalan Umum (PJU), karena sampai ini saat Lampu PJU belum dirasakan oleh masyarakat Desa Mekarsari.

“Kendati Pemerintah Desa sudah sering mengusulkan permohonan untuk Lampu PJU namun sampai saat ini belum ada realisasinya, mudah-mudahan sebagai pendukung agrowisata yang akan di kembangkan di Desa Mekarsari lampu penerangan jalan umum di tahun 2023 dapat direalisasikan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Serang,” harapnya.

Pewarta  : L30

Editor      : Herman Hamka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here