Beranda Mau Tau Dinkop dan UKM Karawang Bakal Optimalkan Pasar Rawasari Sebagai Pusat Pemasaran Produk...

Dinkop dan UKM Karawang Bakal Optimalkan Pasar Rawasari Sebagai Pusat Pemasaran Produk UMKM

317
0
BERBAGI

Kabupaten Karawang, Wartareformasi.com – Melihat kondisi Pasar Rawasari Karawang yang sekarang kurang berfungsi, Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop dan UKM) Karawang pada tahun 2023 ini rencananya akan menjadikannya sebagai pusat pemasaran hasil produk para pekaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Selain Galeri “Nyi Pager Indung” yang berada di komplek Pemda juga Kantor BUMN juga digunakan sebagai Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans menjadi tempat yang cocok untuk memasarkan sekaligus menjual produk lokal yang bergabung melalui Dinas Koperasi dan UKM.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Dinkop UKM Karawang, Rochman kepada Wartareformasi.com saat diwawancara di ruang kerjanya, Senin (2/1/2023).

Selanjutnya Rochman mengatakan, untuk tahun 2023 kita akan melanjutkan program yang sudah digagas oleh kepala Dinas sebelumnya, kita ketahui bahwa banyak capaian dan penghargaan yang didapat oleh Dinkop atas keberhasilannya, salah satunya berkembangnya UMKM di beberapa kelompok di wilayah Karawang,” katanya.

Dikatakannya, Untuk 2023, Saya punya konsep untuk menjadikan Pasar Rawasari sebagai pusat perdagangan UMKM di Karawang, Tentunya kita harus bekerjasama dengan Disperindag Karawang.

“Kemarin kita sudah bicarakan juga kepada Bupati Karawang, beliau mendukung sekali juga beberapa tempat tersebut untuk dijadikan sentral Galeri perdagangan produk UMKM,” jelasnya.

Dijelaskannya, Selain Disperindag kita juga bekerjasama dengan Dinas pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Karawang untuk ketersediaan bahan yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM, seperti ; Padi, Singkong, Pisang dan sekarang buah Sukun sudah mulai digemari menjadi makanan atau cemilan.

“Selain dua dinas tersebut, selanjutnya konsep saya ingin membuka juga outlet di Kantor BUMN yang juga Balai Latihan Kerja (BLK) Karawang dimana Disnakertrans tidak hanya melatih untuk kerja diperusahaan saja, tapi kita ingin melatih bagaimana menjadi pelaku usaha UMKM untuk nantinya menciptakan produk dari keahlian peserta latihan tersebut,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Karena pemerintah kabupaten Karawang sudah bekerjasama dengan Bank dan Pegadaian untuk mempermudah pinjaman bagi para pelaku usaha yang sudah ada, untuk mengembangkan usahanya tanpa harus menggunakan anggunan juga bunga yang relatif rendah.

“Dengan begitu kita berharap perkembangan UMKM di Karawang dapat menciptakan para pengusaha atau entrepreneur yang bergelut di bidang UMKM yang berkembang dan sukses dan semoga dalam kepemimpinan saya kedepan Dinkop UMKM Karawang lebih baik dan berkembang sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat Karawang,” pungkasnya.

Pewarta  : Ropendi

Editor      : Herman Hamka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here