Beranda Mau Tau Disdikbud Ogan Ilir Siapkan “Field trip” Gratis Untuk SD dan SLTP

Disdikbud Ogan Ilir Siapkan “Field trip” Gratis Untuk SD dan SLTP

360
0
BERBAGI

Kabupaten Ogan Ilir, Wartareformasi.com – Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) tahun 2023 mendatang menyiapkan Pelayanan Ekstra Edukasi bagi peserta didik siswa/siswi SD dan SLTP se-Ogan Ilir dalam bentuk “Field Trip” secara gratis.

Nantinya Pemkab memberikan fasilitas mobilisasi berupa dua mobil bus berikut sarana prasarananya untuk digunakan oleh pihak sekolah dalam pembelajaran diluar kelas, fungsinya agar siswa/siswi memperoleh pengetahuan dan wawasan kebudayaan secara langsung dengan mengunjungi tempat tempat budaya wisata maupun Institusi Pemerintah.

“Field trip” merupakan kunjungan wisata atau kunjungan yang dapat menunjang pengetahuan anak melalui pembelajaran diluar kelas dengan mendatangi beberapa destinasi yang telah ditentukan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Ogan Ilir, Sayadi, S.Sos mengatakan, atas Perintah dan gagasan Bupati dan Wabup Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar dan Ardani dalam memberikan pelayanan pendidikan-kebudayaan untuk anak anak SD/SLTP di Ogan Ilir, maka tahun 2023 mendatang, Disdikbud
bakal turut memfasilitasi kegiatan “Field trip” (Kunjungan Destinasi Wisata) untuk Sekolah Negeri maupun Swasta baik tingkat SD maupun SLTP.

“Saat ini telah dimulai baik itu Sosialisasi, Persiapan, Sarana Prasarana, Kalkulasi Biaya Operasional maupun tekhis pengaturan serta memilih tempat tempat Tujuan yang Ideal di Ogan Ilir, Kota Palembang dan Sekitarnya. “misalnya peserta Field trip mengunjungi Bank Indonesia, Universitas Sriwijaya, PT Pusri Bank Sumselbabel, Polres, Polda atau Perkantoran Pemerintah, tujuan nya agar peserta didik mengenal melihat langsung bagaimana Tupoksi, Cara Kerja tempat yang dikunjungi, hal ini bisa memupuk semangat ataupun Inspirasi Anak dalam mengejar Cita-Cita,” 0mkata Sayadi, Selasa (13/9/2022).

Ditambahkan Sayadi, Penerapan Field Trip disekolah nantinya dijadwalkan bergantian agar seluruh sekolah dapat mengikuti tanpa terkecuali, Contoh SDN 1 Indralaya terjadwal pada hari tertentu melaksanakan Field trip, maka Siswa Siswi peserta bisa diambil dari kelas V dan VI, Siswa-Siswi tidak dikenakan Biaya alias gratis.

“Sementara mobilisasi termasuk konsumsi akan di Fasilitasi Pemkab Ogan Ilir bersama pihak sekolah, nanti akan diatur sedemikian rupa sesuai arahan Pak Bupati,” jelas Sayadi.**@(Mdy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here