Beranda Mau Tau Dorong Peningkatan Kesejahteraan Keluarga, TP-PKK OKU Selatan Gelar Sosialisasi Program Inti

Dorong Peningkatan Kesejahteraan Keluarga, TP-PKK OKU Selatan Gelar Sosialisasi Program Inti

141
0
BERBAGI

Kabupaten OKU Selatan, Wartareformasi.com – Tim Penggerak┬á Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) tak henti-hentinya melakukan pembinaan ataupun sosialisasi untuk meningkatkan kapasitas para kader maupun meningkatkan kesejahteraan keluarga. Salah satunya, menggelar sosialisasi tentang hatinya atau program inti PKK, di Aula Pemkab OKU Selatan, Senin (18/7/2022).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Selatan, Isyana Lonitasari Popo saat pembukaan sosialisasi menjelaskan, Hatinya PKK merupakan suatu gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman atau pekarangan di sekitar untuk ditanami tanaman produktif, tanaman hias, tanaman toga maupun sayuran sehingga dapat memperindah halaman dan menambah kenyamanan rumah.

Hal ini, menurutnya selaras dengan gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

“Tujuan program hatinya PKK ini sebdiri yaitu untuk menciptakan ketahanan pangan keluarga dengan memanfaatkan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan pokok. “Selain itu, Hatinya PKK juga dapat memperindah lingkungan rumah agar bisa menciptakan halaman yang asri, teratur, indah dan nyaman,” ujarnya.

Lanjutnya, Melalui sosialisasi ini diharapkan para peserta nantinya dapat menjadi fasilitator dan menerapkan apa yang didapat di lingkungan ataupun di daerah masing-masing.

“Sebelumnya, Ketua Pokja 3 TP PKK OKU Selatan yang juga merupakan Ketua Pelaksana kegiatan, Yunita Mayasari Firman mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelaksanaan program dan kelembagaan Gerakan PKK, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan peserta tentang Hatinya PKK serta memberikan pemahaman yang lebih terkait Hatinya PKK,” terangnya.

Di mana, peserta sosialisasi terdiri dari Ketua Pokja 3 TP PKK Kecamatan se-kabupaten OKU Selatan, Ketua Pokja 3 TP PKK Desa Se-kabupaten OKU Selatan, Ketua Pokja 3 TP PKK Kelurahan se-kabupaten OKU Selatan dengan total peserta berjumlah 278 orang.

Dalam sosialisasi ini menghadirkan dua narasumber yaitu Satya Gunawan, S.P., selaku penyuluh perikanan dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Selatan yang menyampaikan materi tentang Cara budidaya ikan dan ternak unggas. Serta Cevy Daulika, SP. MM yang merupakan Kabid Konsumsi & Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU Selatan yang menyampaikan materi tentang Pemanfaatan pekarangan dengan menggunakan lahan sempit.**@Jafar Sidik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here