Beranda Banten Sejak Puluhan Tahun, Warga Desa Cinoyong Impikan di Bangunnya Jembatan Cipasauran

Sejak Puluhan Tahun, Warga Desa Cinoyong Impikan di Bangunnya Jembatan Cipasauran

568
0
BERBAGI

Banten, Wartareformasi.com – Sejak puluhan tahun, Warga Desa Cinoyong Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang ini mengimpikan pembangunan jembatan Cipasauran.

Jembatan ini penghubung anatara dua desa yaitu: Desa Cinoyong kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang dengan Desa Bantar Wangi Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang Provinsi Banten.

“Hal tersebut disampaikan oleh Mantan Kepala Desa Cinoyong, Halil yang sempat menjabat selama dua periode (2008 – 2017). Didampingi staf Desa Cinoyong, Apud, tokoh masyarakat Bantar Wangi, Idan saat di wawancarai oleh awak media ini disela-sela goyong royong, Rabu (8/6/2022).

Menurut Halil, Pembangunan jembatan Cipasauran yang berada di Perbatasan antara Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang ini menjadi harapan dan impian warga, karena jembatan tersebut merupakan salah satu jalur penghubung dan juga sebagai sarana peningkatan roda perekonomian masyarakat yang sebagian besar adalah para petani,” ungkapnya.

Lanjutnya, Ia berharap kepada pemerintah pusat maupun daerah agar tahun ini bisa mengalokasikan dananya untuk pembangunan jembatan Cipasauran yang sudah puluhan tahun jadi impian dan harapan masyarakat,” harap Halil.

Dikatakan Halil, jika jembatan Cipasauran dibangun permanen oleh pemerintah tentunya sangat bermanfaat dan benar-benar menyentuh masyarakat bawah khususnya warga yang sebagian besar para petani bisa menjual hasil bumi seperti Durian, Pisang, Pete, dan lainnya.

“Karena menurutnya jalur ini alternatif agar lalulintasnya lancar pada akhirnya tingkat kesejahteraan dan perekonomian masyarakat meningkat,” jelas Halil.

Ditempat yang sama, Salah satu staf Pemerintah Desa Cinoyong, Apud mengatakan, atas nama pemerintahan Desa Cinoyong dan warga masyarakat memohon kepada DPR pusat atau DPRD daerah, Pemerintah pusat dan daerah juga pihak terkait bisa merealisasikan apa yang menjadi harapan dan di impian sejak puluhan tahun oleh masyarakat di dua Kabupaten ini dapat terwujud.

“Semoga realisasi pembangunan jembatan Cipasauran dapat terwujud, karena dengan adanya jembatan yang memadai untuk lalulintas kendaraan membawa hasil bumi masyarakat secara automatis mendongkrak roda perekonomian masyarakat di dua Kabupaten ini,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Cinoyong, H. Sukaemi berharap kepada pemerintah baik pusat maupun daerah agar dapat merealisasikan apa yang menjadi impian dan harapan warganya, adanya pembangunan jalan dan jembatan Cipasauran penghubung antara Desa Cinoyong Kabupaten Pandeglang dengan Desa Bantar Wangi Kabupaten Serang.

“Saya sangat mengapresiasi atas keinganan dan semangat warga bergotong royong melakukan pengerasan badan jalan, tentunya ini menjadi motivasi bagi saya untuk lebih inten mengusulkan pembangunan jembatan Pasauran kepada pemerintah. Muda-mudahan apa yang menjadi impian masyarakat dapat segera terealisasi,” harapnya.

Lanjutnya, Saya mewakili masyarakat Desa Cinoyong mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan media yang sudah membantu mempublikasikan apa menjadi harapan dan keinginan warganya di bangunnya jembatan Pasauran ini.

“Sekali saya selaku pemerintah desa Cinoyong sangat berterima kasih,” ucap H. Sukaemi.

Hal senada disampaikan oleh Tokoh masyarakat Desa Bantar Wangi Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang, Idan, bahwa jembatan Cipasauran, sangat diharapkan oleh masyarakat sebagai sarana penghubung dua kabupaten ini.

“Saat ini warga antusias mendukung pembangunan jalan secara swadaya yang jadwalnya pada setiap Rabu, secara gotong royong melakukan pemberisihan dan pengerasan badan jalan dan hari ini sedikitnya 600 warga bergotong royong turun ke jalan,” terang Idan.

Lanjutnya, gotong royong ini dilakukan sebelum dibangunnya jembatan permanen oleh Pemerintah, untuk sementara waktu warga Desa Cinoyong dan Desa Bantar Wangi sepakat untuk berswadaya dan gotong royong membangun jembatan dari kayu dan bambu.

“Pada prinsipnya yang penting sementara waktu minimal dapat dilalui kendaraan roda dua, atas nama masyarakat mohon kepada pemerintah untuk mewujudkan impian dan harapan warga selama puluhan tahun terealisasinya pembangunam jembatan Cipasauran,” harap Idan.**@Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here