Beranda Mau Tau Forum Kades Siap Jalin Kemitraan dengan PWI OKU

Forum Kades Siap Jalin Kemitraan dengan PWI OKU

69
0
BERBAGI

Kabupaten OKU, Warta Reformasi – Untuk kali pertama pasca pelaksanaan Konferkab, Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) periode 2021 – 2024, melakukan tatap muka dengan stakeholder, Senin (8/11/21).

Sasaran awal adalah menemui Forum Kepala Desa (Kades) dan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten OKU, di Sekretariat Forum Kades Kabupaten OKU di Jl. Dr. M. Hatta (Lintas Sumatera) Kel. Kemala Raja, Kec. Baturaja Timur.

“Kedatangan Ketua PWI OKU terpilih, Muhammad Wiwin bersama Yudi Saputra (Sekretaris), Maruli Ebta (Bendahara), Leni Juwita (Penasehat), Eduar Syamsuri (Koordinator Bidang Kesejahteraan), Hifzin (anggota muda) dan Eko Marleno (anggota biasa), itu diterima langsung Ketua Forum Kades se-OKU, Plando, didampingi Ketua PPDI Kabupaten OKU, Benny Irawan.

Muhammad Wiwin, Ketua PWI OKU terpilih mengatakan, kedatangan pihaknya adalah dalam rangka bersilahturahmi. Kemudian memperkenalkan pengurus PWI OKU masa bhakti 2021 – 2024. Dan yang ketiga menjalin sinergitas antara PWI bersama Forum Kades dan Perangkat Desa.

“Terus terang, kunjungan ke Sekretariat Forum Kades ini bisa dikatakan audiensi resmi pertama kami selaku pengurus PWI OKU terpilih,” beber Wiwin.

Kenapa Forum Kades? Kata dia, bahwa Kades merupakan ujung tombak dari pembangunan desa dan merupakan tingkatan terdepan pemerintah dalam melayani masyarakat.
Sebagai ujung tombak pembangunan di wilayahnya, Kades harus peka terhadap perkembangan dunia komunikasi dan informasi.

Lebih-lebih, percepatan pembangunan desa, tentu membutuhkan peran aktif media massa. Tanpa media, hasil pembangunan di desa tidak bisa terinformasikan dengan baik ke masyarakat.

“Sinergi dalam hal inilah, yang ingin kami jalin. Paling tidak, ada persamaan persepsi tujuan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah tingkat desa. Dan kami disini (wartawan yang tergabung dalam PWI), bisa berperan dalam mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif membangun desanya,” katanya lagi.

Nah, di tahap awal kerjasama, PWI OKU mengajak Forum Kades untuk dapat mengikuti Pelatihan Jurnalis Desa. Ini rencananya akan digelar berbarengan dengan acara pelantikan Pengurus PWI OKU terpilih, di Januari 2022 mendatang.

“Pelatihan ini membahas pengetahuan mengenai jurnalisme dan teknik-teknik yang digunakan untuk menulis berita yang baik. Output-nya kita berharap perwakilan desa dapat memahami pentingnya jurnalistik,” papar Wiwin.

Lebih lanjut, Pemimpin Redaksi Journal Online harianrakyat.co.id menjelaskan, program PWI OKU kedepannya tetap konsen mendorong peningkatan kapasitas wartawan, baik melalui workshop, safari jurnalistik dan sebagainya.
Ibarat gayung bersambut, apa yang disampaikan Wiwin dan pengurus PWI OKU lainnya, mendapat apresiasi positif Ketua Forum Kades Kabupaten OKU, Plando.

Ia mengaku sangat sadar akan peran penting pemberitaan media dalam mendorong pembangunan desa. “Saya sebagai Ketua Forum, sepakat menjalin kemitraan. Kabar baik ini, akan saya sampaikan kepada para Kades di OKU. Pada intinya saya sangat menyambut baik teman-teman dari PWI OKU sebagai mitra. Apalagi, jika wartawan bersedia meliput, mempublikasikan kinerja dan kerja yang kami laksanakan di desa,” katanya.

Terkait dengan rencana yang ditawarkan PWI perihal Pelatihan Jurnalis Desa, ini pun akan mereka usahakan. Kalaupun belum bisa dianggarkan dalam APBDes masing-masing desa, Plando menggaransi bahwa Kades di OKU mau berkonstribusi secara pribadi.

“Inikan niatnya baik, dalam kepentingan membangun SDM desa yang memiliki kompetensi bidang jurnalistik. Kolaborasi ini memiliki nilai tambah dalam penyebaran informasi kepada masyarakat,” tukasnya.**@(Win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here