Beranda Mau Tau Ajak Masyarakat Melek Hukum, Kejari Karawang Gelar Penyuluhan di Setiap Kecamatan

Ajak Masyarakat Melek Hukum, Kejari Karawang Gelar Penyuluhan di Setiap Kecamatan

77
0
BERBAGI

Kabupaten Karawang – Jabar, Warta Reformasi – Guna mengajak masyarakat melek hukum, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang, Martha Parulina Berliana, S.H., M.H., akan menggelar penyuluhan di setiap Kecamatan. “Hal tersebut disampaikannya saat menerima audensi pengurus DPP INPER, Rabu (8/9/2021).

Kepala Kejari Karawang,  Martha Parulina, S.H., M.H., berpesan kepada pengurus DPP INPERA untuk mensosialisasikan hal ini, agar masyarakat tahu hukum atau ‘Melek Hukum’ dan mengaktifkan kearipan lokal dalam hukum, seperti apa yang dipesankan kepada kepala Desa,” katanya.

“Kami Kejari Karawang sudah mulai melaksanakan program masyarakat ‘Melek Hukum’ dengan penyuluhan di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Rawamerta, Tegalwaru dan Pangkalan, untuk selanjutnya akan memberikan penyuluhan kesetiap kecamatan di Karawang,’ jelas Kepala Kejari Karawang yang didampingi Kasi Intel, Tohom Hasiholan Silalahi, S.H., M.H.

Menurutnya, dalam melaksanakan tugas sekarang bukan hanya penindakan saja tapi harus dengan pemberian pendidikan dan penyuluhan kepada masyarakat, target penegakan hukum adalah menjadikan masyarakat agar melek hukum dan kami akan merasa berhasil ketika tidak ada lagi tindak pidana yang dilakukan oleh masyarakat. Bukan menargetkan semua orang harus masuk tindak pidana hukum. “Ketika masyarakat tahu hukum, kejaksaan sudah bisa bermanfaat dalam penegakan hukum,” bebernya.

Selanjutnya, Martha mengajak kepada INPERA untuk bersinergi bersama saling membantu dalam mensosialisasikan penyuluhan hukum kepada masyarakat agar ‘Melek Hukum’ dan bantu kejaksaan dalam penindakan tindak pidana tanpa ada kepentingan apapun, karena tanpa ada kerjasama dan bantuan dari pihak lain serta doa banyak orang, keberhasilan penegakan hukum di negara ini umumnya dan khususnya di Karawang ini akan sulit tercapai,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPP INPERA, Heri Widodo yang didampingi jajaran pengurusnya, memberikan support dan apresiasi kepada Kepala Kejaksaan Negeri Karawang sekarang yang telah melaksanakan agenda penyuluhan kepada masyarakat di setiap kecamatan yang di agendakan setiap pekannya,” ujarnya.

Lanjutannya, Semoga dengan adanya penyuluhan tentang hukum kepada warga secara langsung oleh Kejari,  Masyarakat Karawang khususnya dan seluruh masyarakat Indonesia, agar tahu hukum atau ‘Melek Hukum’, sehingga perbuatan yang melanggar hukum bisa dicegah.

“Kami dari organisasi profesi lnsan Pers Nusantara (INPERA) akan bersinergi dengan Kejaksaan atau APH lainnya dalam pencegahan tindak pidana juga mensosialisasikan tentang hukum,” pungkasnya.**@Ropendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here