Beranda Mau Tau Permudah Petani Ke Kebun, Pemdes Tempirai Bangun Jalan Produksi Tani

Permudah Petani Ke Kebun, Pemdes Tempirai Bangun Jalan Produksi Tani

376
0
BERBAGI

Kabupaten PALI, Warta Reformasi – Untuk  mempermudah akses petani ke kebun, Pemerintah Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggenjot pengerjaan infrastruktur yang bersumber dari Dana Desa (DD) membangun jalan produksi tani.

Kepala Desa Tempirai, Muhamad Jonot saat diwawancarai oleh tim media ini mengaku bahwa saat ini, pihaknya sedang membangun jalan produksi pertanian berupa pembangunan jalan setapak dengan color beton, berlokasi di Dusun 7 Desa Tempirai,” katanya, Jumat (4/6/2021).

Menurut Muhamad Jonot, Jalan produksi pertanian tersebut dibangun dari Dana desa (DD) tahun 2021 dengan volume 3×1.000 M2, namun yang sudah teralisai lebih kurang 400 meter. “Pembangunan peningkatan jalan produsi ini sudah sangat dibutuhkan, mengingat jalan sebelumnya berlumpur dan sangat parah hal ini dapat menghambat aktivitas perekonomian warga,” paparnya.

Lanjut Jonot, oleh karena itu pembangunan jalan ini perlu dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Tempirai, mengingat hal tersebut punya peran penting karena mayoritas warga disini bermata pencaharian sebagai petani karet (Penyadap Karet,red). Jadi akses jalan ini merupakan hal yang vital mempermudah petani ke kebun, “bebernya.

“Dengan adanya bantuan DD, Pemerintah Desa sangat terbantu, karena pembangunan disetiap pelosok desa menjadi tersentuh, sehingga pemanfaatan pembangunan ini sangat dirasakan oleh masyarakat, terutama berdampak terhadap peningkatan ekonomi warga,” katanya.

Selain itu juga dana Desa (DD) ini, Kami alokasikan untuk membangun parit di dusun 5 sepanjang 120 meter jadi terbangun 2 lokasi di wilayah dusun 5 dan dusin 7, sedangkan untuk di bidang pemberdayaan belajakan masker sebanyak 40.000,- (Empat Puluh Ribu) lembar mengingat kodisi pandemi Covid-19 saat ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut,  Jonot berharap, agar masyarakat Desa Tempirai khususnya dan desa Tempirai Raya umumnya dapat merawat dan menjaga infrastruktur yang telah dibangun,” tutupnya.**@Yupantri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here