Beranda Mau Tau DPRD Gelar Rapat Paripurna Peringati HUT Ke-8 Kabupaten PALI

DPRD Gelar Rapat Paripurna Peringati HUT Ke-8 Kabupaten PALI

42
0
BERBAGI

Kabupaten PALI, Warta Reformasi – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar rapat paripurna dalam rangka memperingati hari jadi Ke-8 kabupaten PALI, Sabtu (1/5/2021) di ruang rapat paripurna DPRD.

Rapat paripurna dipimpin ketua DPRD PALI, H. Asri. AG diikuti seluruh anggota dewan, dihadiri Penjabat Bupati PALI, DR. H. Rosidin Hasan, Staff Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan provinsi Sumatera Selatan, Drs Nelson Firdaus, Kapolres PALI, Dandim 0404 MPP, Kajari PALI, ketua Pengadilan Negeri Muara Enim, TP.PKK, Ikatri, Sekda PALI, seluruh kepala OPD dan FKPD di lingkungan Pemkab PALI juga Calon wakil Bupati PALI terpilih Drs. H. Soemarjono serta undangan terdiri dari presidium PALI, tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh pemuda.

Rapat paripurna DPRD PALI ini juga dihadiri Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H. Herman Deru secara virtual. Meski banyak dihadiri tamu undangan, namun penerapan protokol kesehatan terlihat ketat diberlakukan yang mewajibkan seluruh yang hadir menggunakan masker juga jarak tempat duduk diberi jarak.

Ketua DPRD Kabupaten PALI, H. Asri. AG, memaparkan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berjuang terwujudnya PALI menjadi DOB. Luas wilayah PALI kurang lebih 1.840 KM persegi dibentuk berdasarkan UU No 7 tahun 2012 yang tujuannya agar kita bisa menata, mengatur dan memanfaatkan potensi yang ada dan meningkatkan pelayanan guna mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Serepat Serasan,” ucap H. Asri AG.

Selama PALI berdiri, H. Asri AG menjelaskan telah banyak menggali potensi dalam meningkatkan pendapatan daerah untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Serepat Serasan, “Dan selama perjalannya hingga memasuki usia ke-8, Ia menyebutkan telah banyak prestasi dan penghargaan yang diraih kabupaten PALI.

“Dalam hal ini kami sampaikan apresiasi atas kepemimpinan Bupati PALI periode 2016-2021, H. Heri Amalindo dan Wakil Bupati PALI, Ferdian Andreas Lacony yang telah bekerja membangun PALI selama lima tahun sehingga mendapat banyak prestasi dan penghargaan,” ucapnya.

Ketua DPRD PALI juga mengajak seluruh masyarakat Bumi Serepat Serasan untuk berpartisipasi dan berkontribusi agar Kabupaten ini bisa sejajar dengan kabupaten atau kota lain di provinsi Sumatera Selatan. Juga mengajak masyarakat untuk bisa menggali potensi yang dimiliki agar kejayaan PALI di tahun 70 an bisa diraih kembali.

Kepada Gubernur Sumatera Selatan, H. Asri berharap pemerintah provinsi untuk membantu pembangunan di kabupaten PALI. “Usia ke-8 merupakan usia yang masih belia namun tidak terlalu muda. Untuk itu masih banyak kekurangan disana-sini terutama percepatan pembangunan. Kami berharap kepada pemerintah provinsi untuk membuka akses jalan penghubung PALI Musirawas serta rumah sakit belum selesai juga membantu pembangunan infrastruktur lainnya agar Bumi Serepat Serasan bisa sejajar dengan daerah lain,” pintanya.

Sementara itu, Pj Bupati PALI, DR. H. Rosidin Hasan meminta maaf atas terselenggaranya rapat paripurna yang seharusnya digelar pada tanggal 22 April diundur dan dilaksanakan pada hari ini. “Dengan kesibukan Pemda dan DPRD kemudian adanya Pemungutan Suara Ulang (PSU) menjadi alasan rapat paripurna peringatan HUT Ke-8 PALI ditunda,” ucap Bupati.

Dijelaskan Pj Bupati bahwa semakin bertambahnya usia, kabupaten PALI telah menunjukan kemajuan meski masih ada yang belum dicapai.

“Tahun 2020 meski masa pandemi covid-19, PALI telah mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menurunkan angka kemiskinan, menurunkan angka pengangguran, meningkatkan IPM. dan telah banyak penghargaan yang telah dicapai dari berbagai sektor,” terang Bupati.

Dibalik itu, Pj Bupati mengaku masih banyak PR yang harus dikerjakan dan harus dituntaskan. “Keberhasilan yang telah dicapai tidak lepas dari dukungan DPRD dan pemerintah provinsi sumatera selatan. Tapi masih banyak persoalan yang harus diselesaikan, salah satunya IPM kita masih diperingkat 16 dari 17 kabupaten kota, penurunan angka kemiskinan belum mencapai angka satu digit, rumah sakit belum selesai. Kami berharap pemprov membantu percepatan pembangunan di PALI,” tukasnya.**@Yupantri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here