Beranda Mau Tau Kondangjaya Gunakan Aplikasi Sistem Barkode, Ditjen Bina Pemdes Apresiasi Pelaksanaan Pilkades Kabupaten...

Kondangjaya Gunakan Aplikasi Sistem Barkode, Ditjen Bina Pemdes Apresiasi Pelaksanaan Pilkades Kabupaten Karawang

130
0
BERBAGI

Poto: Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Kasubdit Perkembangan Desa Wilayah II yang meliputi Jawa-Bali, Kiki Sukirno saat meninjau pelaksanaan Pesta Demokrasi Pilkades serentak di Kabupaten Karawang ini, Minggu (21/3/2021).

Karawang – Jabar – Warta Reformasi – Direktorat Jendral (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan Apresiasi pada pelaksanaan pemilihan kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Karawang.

Hal itu disampaikan Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri melalui Kasubdit Perkembangan Desa Wilayah II yang meliputi Jawa-Bali, Kiki Sukirno saat meninjau pelaksanaan Pesta Demokrasi Pilkades serentak di Kabupaten Karawang ini, Minggu (21/3/2021).

Menurut Kiki Sukirno, dalam pantauan ke beberapa desa yang melaksanakan Pesta Demokrasi, ia menyampaikan apresiasi kepada penyelenggaraan Pilkades dari 177 Desa di Kabupaten Karawang yang telah mentaati Peraturam Menteri Desa (Permendes) nomor 72 tahun 2020, tentang pelaksanaan Pilkades juga mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

”Hari ini kami mendapat tugas memantau pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Karawang, melihat langsung. Apakah dalam Pilkades mentaati Permendes juga mematuhi protokol kesehatan, jangan sampai ada penambahan covid-19,” tegasnya.

Lanjut, Kiki Sukirno, pihaknya dalam memantau penyelenggraan Pilkades serentak ini didampingi Muspida dan Muspika serta Satgas covid-19 Kabupaten dan kecamatan. Alhamdulillah tata cara pemilihan sudah berjalan baik, semua pemilih mengikuti anjuran protokes 3M, kondusifitas juga berjalan aman. “Ya kita menilai sukses untuk Pilkades Karawang,” ujarnya ke awak media dikantor Desa kondangjaya.

Pada kesempatan itu juga, Ia menyampaikan apresiasi terkait sistem “Barcode” yang dilaksanakan Pilkades di Desa Kondangjaya kecamatan Karawang Timur. Diakuinya baru mendengar pelaksanaan Pilkades menggunakan sistem ini dinilai baik sekali bisa menjadi acuan untuk pemilihan kedepan, kami rasa perlu dijadikan pertimbangan,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Panitia 11 Pilkades Kondangjaya, Renggo, sangat terkesan dengan kedatangan tim dari Ditjen Bina Pemdes kesini, karena sebelumnya kami belum mengagendakan untuk menyambutnya. “Tapi kami sangat senang atas kedatangan tim Ditjen Bina Pemerintaan Desa Kemendagri, Desa Kondangjaya satu-satunya Pilkades menggunakan Aplikasi Android sistem ‘Barcode’ dari 177 Desa di Kabupaten Karawang, bisa menjadi contoh untuk pelaksanaan Pilkades di daerah lain,” tuturnya.**@Ropendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here