Beranda Banten Warga Kampung Kebun Jeruk Keluhkan Tumpukan Sampah Liar di Jalan Raya Parigi...

Warga Kampung Kebun Jeruk Keluhkan Tumpukan Sampah Liar di Jalan Raya Parigi – Sukamanah

130
0
BERBAGI

Kabupaten Serang, Warta Reformasi – Warga Kampung Kebun Jeruk keluhkan tumpukan sampah yang sudah cukup lama dan mengeluarkan bau busuk yang menyengat sangat mengganggu, bahkan beberapa kabel Telkom tertutup oleh sampah liar dijalan raya Sukamanah menuju Desa Parigi, Kecamatan Cikande Kabupaten Serang,” ungkap warga setempat, Selasa (2/2/2021).

Mumuh Warga sekitar mengatakan, sampah tersebut bukan sampah dari warga Kampung Kebon Jeruk, melainkan dari wilayah Utara, kebanyakan yang buang sampah ini sengaja memakai kendaraan sambil lewat, ada yang mau kepasar sambil lewat buang sampah juga yang mau brangkat kerja sambil lewat buang sampah disitu, mungkin dipikiranya tanah kosong ini tidak ada pemiliknyap,” ucapnya.

Lanjutnya, sampah yang dibuang kesini ini bukan saja sampah rumah tangga, ada juga sampah dari beberapa pedagang yang tidak bertanggung jawab, seperti sampah belahan kelapa muda dan lainnya, yang jelas ini benar-benar mengganggu pengguna jalan, yang saya herankan kenapa mobil dinas kebersihan yang sering lewat tidak pernah membersihkannya,” ujar Mumuh.

Sementara itu, Kasi pol PP kecamatan Cikande, H. AdeĀ  mengatakan, seharusnya masyarakat tidak membuang sampah di sembarang tempat. Karena dijelaskan didalam Perda Nomor 8 Tahun 2007, Pasal 21 huruf b berbunyi, “Setiap orang atau badan dilarang membuang dan menumpuk sampah di jalan, jalur hijau, taman, sungai dan tempat-tempat lain yang dapat merusak keindahan dan kebersihan lingkungan. “Jika masih ada orang yang masih membuang sampah sembarangan, Kami mohon kerjasamanya pinta alamatnya biar nanti pihaknya yang proses,” katanya.

Sambungnya, menjaga lingkungan sekitar adalah tanggung jawab bersama. Karena itu, dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan sekitar, salah satu upayah yang bisa dilakukan warga adalah peduli dengan lingkungan sekitar, membuang sampah pada tempatnya dan ikut serta membersihkan lingkungan,” ajaknya.

Terpisah, Ketua DPD LSM PENJARA, Rasmidi, S.H., mengatakan lembaganya mendukung penuh apa yang disampaikan Kasi pol PP Kecamatan Cikande, H. Ade dan lembaga kami siap membantu jika menemukan orang yang masih nakal membuang sampah sembarangan akan kami catat nama dan alamatnya serta melaporkan ke pihak terkait,” tuturnya.

Sambungnya, Tumpukan sampah adalah masalah yang harus diatasi bersama, terutama orang-orang yang tinggal di daerah tersebut. Jika ini terjadi, maka orang yang tinggal di dekat tumpukan sampah atau tempat pembuangan sampah akan beresiko terhadap berbagai macam penyakit seperti kolera, tipus, diare, dan muntaber,” tutupnya.**@Khondoy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here