Beranda Banten Percepat Pelayanan Publik, Disdukcapil Kabupaten Serang Buka UPTD Kecamatan

Percepat Pelayanan Publik, Disdukcapil Kabupaten Serang Buka UPTD Kecamatan

230
0
BERBAGI

Kabupaten Serang, Warta Reformasi – Guna mempercepat dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat (Publik), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang membuka pelayanan melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kecamatan. “Hal tersebut disampaikan Kepala UPTD Kecamatan Gunungsari, Sukma Jaya, S.Ip diruang kerjanya, Senin (25/1/2021).

Menurut Kepala Disdukcapil Kabupaten Serang, Drs. Abdullah, M.Si., melalui Kepala Unit Pelaksanan Teknis Dinas (UPTD) Kecamatan Gunungsari, Sukma Jaya, S.Ip kini di Kabupaten Serang dari 29 kecamatan, sudah memiliki 17 UPTD kecamatan sebagai perpanjangan tangan Disdukcapil. Salah satunya Kecamatan Gunungsari yang sudah ada UPTDnya,” jelasnya.

Kepala UPTD Kecamatan, Sukma Jaya, S.Ip menyampaikan ke pewarta pasalnya hanya di Kabupaten Serang yang sudah memiliki UPTD di seluruh Indonesia. “Alhamdulillah sudah bejalan hampir dua tahun dan ini sudah di rasakan juga sangat membantu masyarakat kalangan bawah seperti warga yang lokasi  terpencil dan jauh dari perkotaan hingga  tidak usah datang ke kota kantor dinas. “Cukup di UPTD saja langsung bisa memiliki data sendiri seperti KTP, Kartu keluarga dan AKTE kelahiran sangat mudah dan cepat,” katanya.

Lanjut Sukma Jaya, dari 17 UPTD  hanya baru 5 yang sudah memilik gedung kantor sendiri, salah satunya kecamatan Gunugsari. “17 UPTD masing -masing melayani dua kecematan, diantaranya Kecamtan Cinangka dan Anyar, Mancak dan Gunugsari,” ungkapnya.

Sukma Jaya menambahkan, UPTD kecamatan Gunungsari untuk saat ini memiliki 6 pegawai dan 2 masih status magang, Alhamdulillah untuk pelayana KTP untuk pemula tahun 2020 sudah mencapai 90 persen dan berharap tahun 2021 ini bisa mencapai 100 persen,” harapanya.

Sementara itu, Nurcahyanti salah satu masyarakat Desa Ciherang Kampung Ciherang, dirinya banyak terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Serang yang telah menyediakan pelayanan melalui UPTD hingga dirinya tidak harus jauh-jauh ke kantor dinas, karena adanya UPTD kecamatan tersebut warga pun sangat terbantukan dan pelayanannya pun sangat cepat bisa satu jam kalau data-datanya lengkap,” paparnya.**@Inan/ Editor: Herman Hamka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here