Beranda Banten Kasepuhan Neglasari Gelar Upacara Adat Seren Taun Tetap Mematuhi Protokol kesehatan

Kasepuhan Neglasari Gelar Upacara Adat Seren Taun Tetap Mematuhi Protokol kesehatan

96
0
BERBAGI

Lebak – Banten, Warta Reformasi – Untuk mempertahankan dan melestarikan tradisi adat atau budaya Sunda, Kesepuhan (Sesepuh) Neglasari menggelar Seren Taun (Panen Padi) yang diselenggarakan di Kampung Tanggu Nusantata (Kp Neglasari) Desa Cikatomas Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak, tetap mematuhi protokol kesehatan, Minggu (6/9/2020).

Pada Kesempatan itu Juru bicara (Jubir) Kesepuhan Neglasari, Suhendi, S.KM  Salah satu kebudayaan adat sunda yang masih dilakukan oleh masyarakat Kasepuhan Neglasari yakni Seren Taun. “Sebuah upacara adat yang dilakukan setelah panen padi. Upacara ini dilakukan baru tahun ini tapi kedepanya akan dilakukan secara rutin setiap tahun dan diikuti seluruh warga desa mulai dari anak-anak hingga orang dewasa,” jelasnya.

Dikatakan, Jubir kasepuhan Kp. Neglasari, Suhendi, S.KM Tradisi Adat Seren Taun, ini sebenarnya merupakan salah satu bentuk rasa syukur dari masyarakat terhadap hasil panen yang telah didapat. “Selain itu, upacara ini juga memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung,” katanya.

Seren Taun di gelar oleh Kasepuhan Neglasari belangsung selama 3 (Tiga) hari Jumat — Minggu (4 — 6 September 2020) dengan tema “Nyanghulu Ka Hukum, Nunjang Ka Nagara Mufakat Jeung Balarea” yang artinya Mematuhi Hukum, Membantu Negara, dengan Kesepakatan bersama,” Suhendi.

Pada acara Seren Taun yang perama kalinya digelar dengan sederhana seperti pentas Angklung, Debus, dan Ngalaes.

Lebih lanjut, Jubir Kasepuhan Neglasari, Suhendi memaparkan di tahun ini Seren Taun untuk yang perdana diselenggarakan dan hanya dihadiri warga desa setempat tidak terbuka untuk umum. “Mengingat dan menimbang untuk mencegah penyebaran covid-19 di Indonesia khususnya di Kabupaten Lebak,” ungkapnya.

“Maka kami memutuskan Seren Taun yang pertama di tahun 2020 ini TIDAK TERBUKA UNTUK UMUM, tetap dilaksanakan khusus Masyarakat Adat Incu Putu Kasepuhan dengan mematuhi protokoler kesehatan covid-19,” Tutup Suhendi.**@(Sumantri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here