Beranda Mau Tau Menimalisir Pembuangan Sampah Ke Jalupang, DLHK Karawang Bangun TPS 3R

Menimalisir Pembuangan Sampah Ke Jalupang, DLHK Karawang Bangun TPS 3R

104
0
BERBAGI

Karawang – Jabar, Warta Reformasi – Untuk menimalisir pembuangan sampah ke TPS Jelupang Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan DLHK Karawang gunakan anggaran dari pemerintah pusat membangun tempat pengelolaan sampah (TPS) Reuse, Reduce, Recycle (3R) di beberapa kelurahan dan Desa. “Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karawang, Drs. Wawan Setiawan, NK, M.M., melalui Kabid Kebersihan, Guruh Sapta, didampingi Kasi Kebersihan, Agung Nugraha, diruang kerjanya, Selasa (1/9/2020).

Guruh Sapta (Kabid Kebersihan DLHK Karawang)

DLH K Karawang pada tahun 2020 ini merencanakan membangunan TPS 3R di beberapa titik kelurahan dan desa, tujuannya untuk mengurangi atau menimalisir  pembuangan sampah ke arah Jalupang. “Meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pengelolan sampah dan prilaku hidup bersih dan sehat bagi masyarakat,” jelas Guruh Sapta.

Lanjut,  Kabid Kebersihan DLHK Karawang, Guruh Sapta Pembangunan TPS 3R  tersebut guna meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat dimana pengelolaannya diserahkan ke kelompok yang di bentuk pemerintahan desa dengan dipimpin Ketua Swadaya Masyarakat (KSM),” katanya.

Senada juga yang disampaikan Kasi Kebersihan DLHK Karawang, Agung Nugraha untuk anggaran dari APBN, dan program TPS 3R pendampingan dengan Citarum Harum, tupoksi dari DLHK sebagai pengawasan dan memonev setiap progres pembangunan sampai selesai bisa dimanfaatkan, dan sudah beberapa KSM melaksanakan tahap l pembangunan, selain dari DLHK ada juga dari provinsi Jawa Barat, Tim Fasilitator Lapangan (TFL) yang tahu persis Juklas juklis dilapangan,” ucap Agung.

Lanjut, Agung Nugraha  disini perlu kita jelaskan. “Apa itu 3R, Reuse = bupaya memanfaatkan kembali bahan atau barang, agar tidak menjadi sampah, Reduce = upaya mengurangi sampah, Recycle = menggunakan kembali bahan melalui proses pengolahan, bentuk sampah yang diolah, sampah organik, sampah daur ulang, sampah Guna ulang, sampah Residu dan B3,” jelasnya.

“Rencananya DLHK Karawang. tahun depan akan mengajukan untuk tambahan TPS 3R agar semakin banyak, dengan begitu masalah sampah di tiap daerah bisa diatasi, dan mudah- mudahan Karawang bersih cepat tercapai,” tutupnya.

Ketua KSM Baraya Sampah, Hendro Sebagai penerima manfaat program TPS 3R, Desa Sukaluyu Kecamatan Telukjambe Timur, beralamat di jalan Pandu Ujung Perumnas Telukjambe Blok E. RT:05-RW:18 dusun Sukaluyu Desa:Sukaluyu kecamatan, Telukjambe timur karawang. dengan Ketua Hendro

Terpisah Kepala Desa Sukaluyu, Hj. Ayum Nurlaela sangat mengapresiasi dan mendukung sekali dengan Program pemerintah, apalagi TPS 3R yang berkenaan dengan sampah, tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat disini dan KSM Baraya Sampah yang dikomandoi oleh Sdr Hendro yang berlokasi di Perumahan, dengan lahan begitu luas dapat menampung sampah hingga diproses,” ujarnya.

Semoga dengan adanya program TPS 3R, tahun 2020 berharap tahun depan bisa mendapatkan program tambahan yang bermanfaat untuk masyarakat, untuk pengurus KSM Baraya Sampah agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan Amanah,” ucap Bunda Haji, (akrab dipanggil-Red).**@Ropendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here