Beranda Bangka Belitung Anggota DPD RI Darmansyah Kunker Ke BPK RI Perwakilan Provinsi Bangka Belitung

Anggota DPD RI Darmansyah Kunker Ke BPK RI Perwakilan Provinsi Bangka Belitung

222
0
BERBAGI

Bangka Belitung, Warta Reformasi – Anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Ir. Darmansyah Husein melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kantor Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK RI) Perwakilan Provinsi bangka belitung, didampingi oleh staf ahlinya ini diterima oleh kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Bangka Belitung, Dr. Ida Farida, S.E., M.M., Ak, CSFA, CA, Senin (6/7/2020).

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut atas kunjungan kerja Dampak Inventarisasi Masalah (DIM) komite IV DPR RI, Ir. Darmansyah Husein terkait kegiatan hasil pemeriksaan semester II (Hapsem II) didaerah pemilihan terutama wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dr. Ida Farida, S.E., M.M., Ak, CSFA, CA kepala perwakilan BPK RI Babel menyampaikan pembahasan hasil kegiatan pemeriksaan semester II tahun 2019.

“Khusus untuk perspektif BPK perwakilan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab kami pada semeter II tahun 2019, BPK perwakilan Bangka Belitung telah melakukan 8 pemeriksaan terdiri dari 5 pemeriksaan kinerja dan 3 kinerja dengan tujuan tertentu atau BPT,” kata Dr. Ida Farida, SE, MM, Ak, CSFA, CA kepala perwakilan BPK RI Babel.

“Sedangkan Untuk semester II tahun 2018, BPK perwakilan Bangka Belitung hanya melakukan 6 pemeriksaan,” ucapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Dr. Ida Farida, S.E., M.M., Ak, CSFA, CA menjelaskan kinerja BPK perwakilan Bangka Belitung untuk semerter II tahun 2019, objek pemeriksaannya adalah :
1. Upaya pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung dalam membangun destinasi pariwisata wilayah provinsi kepulauan Bangka Belitung tahun 2018 sampai dengan semester I tahun 2019,” jelasnya.

2. Pengelolaan belanja daerah untuk meningkatkan pembangunan manusia dalam kurun tahun 2016 sampai dengan tahun 2018 pada pemerintah kabupaten Bangka Tengah, kabupaten Bangka Barat dan kabupaten Belitung Timur.

3. Pengelolaan dana bidang kesehatan dalam mendukung pelayanan kesehatan desa tahun anggaran tahun 2018 dan semester I tahun 2019 pada pemerintah kota pangkalpinang.

Adapun objek pemeriksaan semester II tahun 2018 adalah :
1. Pembangunan kelembagaan kepariwisata pemerintah daerah tahun 2017 sampai dengan semester I tahun 2018 pada provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan instansi terkait lainnya.

2. Efektivitas pembinaan, pengawasan dan pengawalan dana desa dan alokasi dana desa tahun 2015 sampai dengan semester I tahun 2018 pada kabupaten Bangka Tengah dan kabupaten Belitung.

“Kami memang di infokan untuk semester II ini untuk memeriksa bank mulai dari sistemnya dan juga memeriksa sumber – sumber daya alam,” tuturnya.

Melalui pertanyaan tentang hasil pemeriksaan kinerja pada Pemda dan BUMD yang memuat hasil pemeriksaan 9 tema yang salah satunya perekonomian dan keuangan, Dr. Ida Farida, SE, MM, Ak, CSFA, CA menjelaskan melalui kegiatan pemeriksaan BPK perwakilan Bangka Belitung mengawal dan memastikan program-program priotas pembangunan nasional direncanakan, dilaksanakan, dan dilaporkan secara transparan dan akuntabel serta dapat memberikan manfaat pada kesejahteraan rakyat Indonesia.

Dalam kata sambutan, Ir. Darmansyah Husen mengucapkan terima kasih kepada ketua BPK perwakilan Bangka Belitung atas penyampaiannya yang lengkap, luar biasa dan terima kasih kepada BPK atas hasil pemeriksaan indentitas kabupaten dan provinsi,” ucapnya.**@(R”77 & Rkh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here