Beranda Banten Satlantas Polres Cilegon Gelar Simulasi Penanganan Korban Lakalantas

Satlantas Polres Cilegon Gelar Simulasi Penanganan Korban Lakalantas

39
0
BERBAGI

Cilegon, Warta Reformasi – Dalam upaya meningkatkan kapasitas dan pemahaman masyarakat terkait respon saat terjadi Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas), Satuan lalulintas (Satlantas) Polres Cilegon bersama Dinas Kesehatan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon melakukan simulasi penanganan korban lakalantas di Jl. Raya Merak samping Hotel Pesona, Kecamatan Pulo Merak, Kota Cilegon, Kamis (16/1/2020).

Pada Simulasi ini diikuti oleh Unit Laka Lantas Polres Cilegon, PMI Kota Cilegon, Dinas Kesehatan Kota Cilegon dan Relawan Laka Lantas dari unsur Masyarakat. simulasi penangan korban lakalantas itu, seorang korban tampak tergeletak di jalan raya, sementara pihak kepolisian lalulintas tampak sudah berada di lokasi dan mengontrol arus kendaraan.

Tim dari Dinkes Kota Cilegon di informasikan pihak kepolisian mengenai kejadian itu juga sudah tampak berada di lokasi untuk melakukan pertolongan pertama. Tim saat itu juga langsung mengecek kondisi korban dan membuat infus kepada korban.

Korban yang mengalami patah tulang di bagian leher dan kaki sebelah kanan juga tampak langsung dipasang penyangga agar leher dan kaki tetap dalam posisi lurus. Setelah itu, tim langsung membawa korban menggunakan mobil ambulance menuju rumah sakit terdekat untuk memberikan pertolongan selanjutnya.

Kasatlantas Polres Cilegon, AKP Ali Rahman, melalui Kanit Kanit Laka Lantas Ipda Ardi Jarir, kesempatan itu menyampaikan, bahwa kegiatan simulasi penanganan korban lakalantas itu dilakukan guna untuk meningkatkan koordinasi dan sinergisitas polantas dengan petugas medis dalam menangani kecelakaan lalulintas di wilayah Kota Cilegon.

“Jadi dengan adanya simulasi itu, kita dan tim medis gawat darurat puskesmas bisa saling kordinasi dan sigap menangani korban di TKP dalam memberikan pertolongan pertama sebelum dibawa ke rumah sakit terdekat,” ungkapnya.

Ipda Ardi Jarir,  juga tidak lupa menghimbau kepada masyarakat agar selalu melengkapi administrasi kendaraannya disaat berkendara, dan jangan lupa juga menggunakan safety disaat berkendara serta tetap berhati-hati di saat membawa kendaraan.

Pada kegiatan Simulasi Laka Lantas ini kami menugaskan 1 Tim Ambulans yang terdiri dari 4 Personil untuk melakukan penanganan Pertolongan Pertama dan Rujukan ke Rumah Sakit,”Tutur Sekretaris PMI Kota Cilegon, Ujang Samsul.

Lebih lanjut, Ujang Samsul mengatakan pada kegiatan Simulasi tersebut Relawan Laka Lantas dari masyarakat yang telah dilatih Penanganan Pertolongan Pertama, yang berada dilokasi kejadian membantu memberikan penanganan dan melaporkan kejadian tersebut ke Unit Laka Lantas Polres Cilegon, kemudian dari Unit Laka Lantas mengamankan lokasi kejadian dan menghubungi Layanan Ambulans Dinas Kesehatan Kota Cilegon dalam hal ini tim PSC 119 atau PMI Kota Cilegon untuk melakukan Rujukan ke Rumah Sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,”Katanya.**@(Roni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here