Beranda Banten ABDSI Gelar Workshop Dorong Peningkatan UMKM Berdaya Saing

ABDSI Gelar Workshop Dorong Peningkatan UMKM Berdaya Saing

634
0
BERBAGI

Banten, Warta Reformasi – Asosiasi Business Development Service Indonesia (ABDSI) Korwil Banten bersama mitra strategisnya menggelar Workshop untuk mendorong peningkatan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), berlangsung di Auditorium Kadin Provinsi Banten, Selasa (26/11/2019).

Workshop kali ini mengambil tema, “UMKM naik kelas, maju, dan berdaya saing”. Diikuti berkisar 150 peserta yang berasal dari pelaku UMKM yang potensial, strarUp, wirausaha mahasiswa, dan perwakilan beberapa komunitas bisnis di provinsi Banten.

Hadir pada kesempatan tersebut dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten, Bank Indonesia KPw Provinsi Banten, OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten, FORBIZ Indonesia, BP3TKI Serang dan Dewan Pengurus Nasional ABDSI, serta beberapa komunitas UMKM di provinsi Banten.

Kegiatan ini di buka langsung oleh kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten DR. H. Tabrani, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan, bahwa komitmen meningkatkan UMKM Provinsi Banten adalah tanggung jawab kita bersama dan harus bergandengan tangan untuk mencarikan solusi dan jalan keluar dari persoalan yang sering dihadapi oleh UMKM, konsentrasi ke depan adalah agar pelaku UMKM Banten semakin bertambah kapasitas SDMnya, produktifitasnya meningkat, kemudahan akses permodalan kepada lembaga keuangan, sampai pada perluasan pangsa pasar salain pasar domestik juga menyiapkan UMKM yang siap Ekspor, prestasi yang bagus kita tingkatkan dan yang kurang kita dorong agar naik kelas,” Papar Tabrani.

Pada kesempatan yang sama Asisten Deputi Pendampingan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI selaku narasumbet pada kegiatan tersebut Rahmadi, M.Si, mengatakan, melaui momentum kegiatan seperti ini kesiapan kita dalam menghadapi arus pasar, dimana UMKM agar dapat memanfaatkan teknologi sebagai bagian peluang yang dapat digunakan sebagai alat yang positif melakukan transaksi pemasaran dan pembayaran agar produk UMKM kita tidak ketinggalan, tergerus oleh produk-produk luar sehingga UMKM kita mampu bersaing dan bertahan serta menjadi UMKM yang modern Go Digital dan Go Global mampu menjawab tantangan jaman,”Ujar Rahmadi.

Pada rangkaian tersebut dilakukan pula penandatangan MOU Kemitraan antara BPJS Ketenagakerjaan dan ABDSI, yang ditandatangani langsung oleh Bapak Eko Nugriyanto selaku Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten dan Eka Julaiha selaku Ketua Umum ABDSI Korwil Banten, dengan adanya kejasama tersebut para pelaku UMKM diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas program Kepesertaan BPJS ketenagakerjaan sehingga para pelaku usaha dan pekerjanya mendapatkan perlindungan sosial yang pasti.

Selain itu juga secara simbolis ABDSI Korwil Banten juga menyerahkan Izin Usaha Mikro Kecil dan Nomor Induk Bersuaha (IUMK dan NIB) kepada para pelaku UMKM sebanyak 120 orang dan penyerahan plakat kemitraan kepada BP3TKI Serang selaku mitra strategis pendampingan UMKM PMI Purna TKI.

Ketua Umum DPN ABDSI Cahyadi Joko Sukmono mengungkapan, bahwa peran ABDSI sebagai lembaga pendampingan terus melakukan terobosan dan inovasi model pendampingan yang kreatif dan terukur, agar kerja-kerja pendampingan yang dilakukan oleh BDS-BDS kepada UMKM dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha dan kunci utama keberhasilan hal tersebut adalah kemandirian secara ekonomi.

Hal senada disampaikan oleh Eka Julaiha sebagai Ketua Umum ABDSI Korwil Banten bahwa secara moral ABDSI punya tanggung jawab untuk memberdayakan dan mendayagunakan potensi dan peluang yang ada.

Lanjut, Eka mengucapkan tetima kadih kepada semua lembaga/instansi yang telah mendukung, mensupport dan berpartisipasi pada kegiatan ini dan berharap kerjasama yang sudah terjalin ini dapat dilanjutkan lebih kongkrit dan menyasar kepada para pelaku UMKM di Banten, sehingga benar-benar-benar misi besar UMKM Banten Naik Kelas dapat terwujud lebih cepat dan masif,” Ucapnya.**@Inan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here