Beranda Mau Tau Biasanya Orgenan, Tadi Malam Pemuda Desa Seleman Gelar Pengajian

Biasanya Orgenan, Tadi Malam Pemuda Desa Seleman Gelar Pengajian

265
0
BERBAGI

OKU, Warta Reformasi-Hal berbeda dilakukan pemuda-pemudi Desa Seleman Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) pada malam pergantian tahun 2018 ke tahun 2019 ini.

Ya. Mereka menggelar pengajian dan mendengarkan tausiyah. Bermaksud bermuhasabah. Untuk meningkatkan semangat dalam menjalankan perintah Allah SWT

Padahal biasanya, hampir tiap tahun Desa ini menggelar pesta. Mengundang organ tunggal. Bernyanyi, berjoget. Sampai malam.

“Ini (pengajian dan muhasabah), pertama dilakukan di desa ini. Biasanya kami gelar orgenan. Tapi, karena jaman Medsos sekarang, kami tahu bahwa itu (perayaan tahun baruan) bukan budaya kita. Makanya kami musyawarah dengan karang taruna, mau digelar apa malam tahun baruan ini. Timbullah ide dari adek-adek karang taruna untuk gelar pengajian. Jadi ini ide mereka,” kata Kepala Desa Seleman, A. Rafik Mahdum.

Pihaknya, selaku pemerintah desa, berharap kegiatan ini dapat menambah keimanan kaum muda di desanya. Dan dengan mendengarkan Tausiyah, juga diharapkan membuka wawasan.

“Kebetulan akhir-akhir ini banyak terjadi bencana alam. Kami juga merasa empati dan prihatin. Makanya kami adakan pengajian,” sambung Rafik, seraya menyebut pihaknya akan lebih mementingkan bidang pendidikan dan keagamaan untuk kegiatan muda-mudi di desanya di kemudian hari.

Ketua Karang Taruna Desa Seleman yang diwakili, Alpian, berterima kasih pada Kades Selaman yang selalu mendukung kegiatan yang dilakukan Karang Taruna setempat.

“Kami akan berusaha jadi pemuda-pemudi terbaik untuk desa ini,” tegas Alpian.

Sementara itu, ustadz Farkhan Jadid, dalam tausiyahnya mengajak jamaah khususnya kaum muda di Seleman menjauhi maksiat.

“Tiket ke neraka itu mahal. Tapi banyak yang mau. Sedangkan tiket ke surga itu murah, tapi justru banyak yang ogah. Contoh simpel, wudhu untuk sholat. Itu murah, tapi banyak yang tidak mau,” ingatnya.

Dan masih banyak hal lagi yang disampaikan ustadz Farkhan mengenai motivasi-motivasi dan hal-hal positif lain yang membuka wawasan untuk membangkitkan semangat kaum muda mendekatkan diri pada Allah dan menjauhi maksiat.**@(win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here