Beranda Mau Tau Ketua Umum TP-PKK Tri Tito Karnavian Tinjau 10 Program Pokok di Kabupaten...

Ketua Umum TP-PKK Tri Tito Karnavian Tinjau 10 Program Pokok di Kabupaten Tangerang

280
0
BERBAGI

TANGERANG, Warta Reformasi- Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat Tri Tito Karnavian meninjau pelaksanaan 10 program pokok PKK di wilayah Kabupaten Tangerang. Tim TP-PKK Pusat disambut Penjabat (Pj.) Bupati Tangerang Andi Ony P. beserta pengurus TP-PKK Provinsi Banten dan Kabupaten Tangerang di Gedung Serba Guna, Puspemkab Tangerang, Selasa (31/10/2023).

PKK merupakan singkatan dari Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, yaitu organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. Untuk melaksanakan tujuannya, PKK memiliki 10 Program Pokok PKK.
10 pokok keluarga ini dilaksanakan oleh tim penggerak PKK di semua tingkatan yang mana keanggotaan timnya secara suka rela dan terdiri dari para istri tokoh pemuka masyarakat, istri kepala dinas atau kepala jawatan, serta istri kepala daerah dari berbagai tingkat. Pada 27 Desember tahun 1972 Menteri Dalam Negeri mengubah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga menjadi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. Program pokok PKK sendiri pada dasarnya terdiri dari 10 hal. Berikut program pokok PKK dan pengertiannya:

1. Penghayatan dan pengamalan pancasila. Dengan penghayatan dan pengamalan pancasila diharapkan terwujudnya keluarga yang berakhlak dan memiliki tingkah laku berdasarkan Pancasila.

2. Gotong royong. Agar di dalam keluarga tercipta perbuatan luhur yang mencerminkan suasana kegotongroyongan dan kekeluargaan.

3. Pangan. Makanan sehari-hari yang sehat dan bergizi serta pengolahan makanan yang sesuai sangat penting untuk pertumbuhan kesehatan jasmani dan rohani.

4. Sandang. Perlu adanya sandang yang cukup, terpelihara serta pengetahuan mengenai mengenai membuat pakaian, memilih bahan, dan membuat pola.

5. Perumahan dan tata laksana rumah tangga. Pentingnya pengetahuan mengenai pola rumah sehat, perbaikan rumah, serta car merawat rumah karena rumah berfungsi sebagai tempat berteduh dan berlindung.

6. Pendidikan dan Keterampilan. Dimaksudkan untuk mempersiapkan generasi selanjutnya yang terdidik dan terampil.

7. Kesehatan. Perlunya penghayatan mengenai apa itu sehat dan bagaimana memelihata kesehatan pribadi, keluarga, dan lingkungan.

8. Pengembangan kehidupan berkoperasi. Koperasi merupakan dasar dari demokrasi ekonomi sehingga perlunya kesadaran kehidupan berkoperasi di kalangan keluarga.

9. Kelestarian lingkungan hidup. Agar lingkungan keluarga bisa hidup rukun dan damai dalam lingkungan keluarga, tetangga, dan kelestarian alam sekitarnya.

10. Perencanaan sehat. Urusan perencanaan sehat merupakan urusan yang meliputi keseimbangan pendapatan dan belanja rumah tangga, pengaturan waktu, pembagian tugas antar keluarga agar semua anggota keluarga dalam berperan optimal dalam masyarakat.

Ny. Tri Tito Karnavian menyampaikan, kehadiran TP PKK Pusat ke Kabupaten Tangerang dalam rangka memonitoring pelaksanaan 10 program pokok PKK di wilayah Kabupaten Tangerang. “Tim Penggerak PKK memiliki tujuan memberdayakan perempuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan. PKK merupakan wadah yang mampu menjembatani antara kepentingan keluarga, pemerintah serta berperan aktif sebagai subjek pembangunan,” ucapnya.
Gerakan PKK merupakan gerakan nasional yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan keluarga. Selain meningkatkan kesejahteraan keluarga, gerakan PKK juga harus dapat berperan aktif pada program pembangunan pemerintah, khususnya pada bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan.
Peninjauan terhadap sejumlah program yang telah dilaksanakan oleh TP-PKK Kabupaten Tangerang. Dimulai dari meninjau stand Posyandu, dapur PKK, Stand UP2K kecamatan binaan, kebun PKK dan bank sampah.


Pj. Bupati Tangerang, Andi Ony P. menyampaikan keberadaan kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kabupaten Tangerang sangat sentral atau penting. Mengingat, keberadaan PKK di Kabupaten Tangerang juga turut membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan gizi dan juga melakukan pencegahan stunting. Yang dimana, persoalan stunting telah menjadi fokus agenda pembangunan nasional yang harus segera diatasi bersama.
“PKK menjadi kekuatan nyata di lapangan karena mampu menampung dan menyalurkan semangat kaum perempuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat,”tandasnya.

Menurutnya Kunjungan kerja yang dilakukan oleh TP-PKK Pusat dapat memberikan semangat dan juga motivasi kepada seluruh kader PKK di wilayah Kabupaten Tangerang.
Dalam kunjungan kerja tersebut TP-PKK Pusat bersama Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui TP-PKK Kabupaten Tangerang, juga menyerahkan sejumlah bantuan secara simbolis, diantaranya:

1. Bantuan modal bergulir bagi kelompok usaha UP2K binaan PKK Provinsi Banten
2. Bantuan kepada 100 anak yatim putra putri pengurus PKK Kabupaten Tangerang
3. Pemberian dokumen kependudukan (e-KTP, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KIA dan Kartu Keluarga)
4. Pemberian penghargaan kepada kader inspiratif PKK.**@Adv-Romi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here