Beranda Lampung Wabup Lampura Hadiri Festival Budaya Cangget Lebaghan

Wabup Lampura Hadiri Festival Budaya Cangget Lebaghan

217
0
BERBAGI

Kabupaten Lampung Utara, Wartareformasi.com – Wakil Bupati (Wabup) Lampung Utara (Lampura), Ardian Saputra menghadiri Festival Budaya “Cangget Lebaghan” 1444 Hijriah 2023 bersama Muli Meghanai se-Sungkai Utara, Kabupaten Lampura, Kegiatan berlangsung di halaman Kecamatan setempat, Senin (24/4/2023).

Festival Budaya Cangget Lebaghan 1444 H. bersama Muli Meghanai se-Kecamatan Sungkai Utara, sangat meriah. Tampak pemuda-pemudi dan masyarakat setempat sangat antusias.

Tampak hadir pula dalam kegiatan Festival Budaya Cangget Lebaghan Muli Meghanai, Anggota DPRD dari Partai PKB, Ketua KPU Lampura, Aprizal Ria, Camat Sungkai Utara, Antoni Efendi, Camat Sungkai Selatan, Kapolsek Sungkai Utara, Ketua KNPI Lampung, Ketua KNPI Lampura, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Pemuda-Pemudi se-Kecamatan Sungkai Utara serta masyarakat setempat.

Wabup Lampura, Ardian Saputra didamping Asisten 1, Mankodri, Kepala Kesbangpol, Mat Soleh, Kadispora, Imam Hanafi, Kadis Perdagangan, Hendri, Sekretaris Kominfo, M. Luzirwan, Kabag Kesra, Apriyadi dan Kabag Barjas Rahadian Aksa.

Wakil Bupati Lampung Utara, Ardian Saputra dalam kata sambutannya mengatakan, pada hari ini masih suasana Lebaran, saya atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Daerah mengucapkan minal aidzi walfa idzin mohon maaf lahir dan batin. Saya melihat sungguh sangat luar biasa melihat pemuda-pemudi kabupaten Lampura khususnya Kecamatan Sungai Utara serta KNPI yang bisa menyelenggarakan adat budaya Lampung.

“Kalau bukan kita siapa lagi yang melestarikan adat budaya, ini adalah suatu hal yang sangat membanggakan Pemerintah Daerah,” ucap Ardian.

Ardian menambahkan, yang sedang viral, ada salah satu pemuda yang mengkritik Lampung, Lampung tak seburuk yang dikatakan, pemuda juga mesti paham karena bukan hanya pembangunan Insprakstruktur saja yang harus dibangun, adat budaya juga harus dikembangkan serta lainnya.

“Kepada pemuda-pemudi mari kita bersama-sama membangun adat budaya kita, agar bisa dikenal diluar Kabupaten lain,” tuturnya.

Wabup juga berpesan, Festival Budaya Cangget Lebaghan bersama Muli Meghanai Sungkai Utara, agar dapat dilihat diseluruh Lampung khususnya Indonesia,” ungkapnya.

Tokoh adat Sungkai Utara, Ilmansyah
dalam kata sambutannya mengatakan, Adik-adik muli meghanai beserta pengurus KNPI, sebagai bahan referensi kita, bahwasannya adat budaya kita lampung tentu mau tidak mau akan bergeser, baik dengan kemajuan jaman, modernsasi dan masuknya pengaruh budaya asing kedalam budaya lokal.

“Dengan adanya festival Cangget Lebaghan ini, sebagai penyabung silatuhrahmi, dan turut serta melestarikan adat budaya kita,” tuturnya.

Pewarta  : Irawan

Editor      : Herman Hamka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here