Beranda Lampung Hadiri Musrenbang Kecamatan Way Tuba, Bupati Way Kanan Serahkan Hibah Barang Milik...

Hadiri Musrenbang Kecamatan Way Tuba, Bupati Way Kanan Serahkan Hibah Barang Milik Daerah

196
0
BERBAGI

Kabupaten Way Kanan, Wartareformasi.com –
Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M menyerahkan hibah barang milik daerah saat menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tahun 2023 di Kecamatan Way Tuba, Senin (13/2/2023).

Pada Musrenbang ini, turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Way Kanan, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati dan Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny. Vorian Melita Saipul, Para Kepala Kampung (Desa), Camat, dan tamu undangan lainnya.

Diketahui, pada musrenbang tersebut juga disampaikan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah Daerah pada Tahun 2022 di Kecamatan Way Tuba, antara lain Tata Kelola Pemerintahan berupa Dana Desa untuk 13 Kampung. Penanganan Kemiskinan berupa Perlindungan Sosial, yaitu PKH untuk 1.346 KPM, BPNT untuk 20.058 penerima dan Bansos Minyak Goreng untuk 2.588 penerima.

Bupati Way Kanan, Adipati pada kesempatan tersebut memaparkan, beberapa indikator capaian kinerja pembangunan Way Kanan yang menunjukkan perkembangan yang cukup baik, diantaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2022 mencapai 68,04 meningkat sebesar 0,47 poin dari Tahun 2021. Pertumbuhan ekonomi tahun 2021 mencapai 2,90 persen meningkat dari tahun 2020 yang terkontraksi sebesar 1,16 persen.

“Tingkat kemiskinan di Kabupaten Way Kanan tahun 2022 sebesar 11,76 persen menurun cukup besar dari tahun 2021 yang masih sebesar 13,09 persen. PDRB atas dasar harga berlaku (ADHB) tahun 2021 sebesar Rp 14,66 Trilyun meningkat dari tahun 2020 yang masih sebesar Rp 13,98 Trilyun,” ungkapnya.

Lanjutnya, juga terdapat capaian Penghargaan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Ke-12 Kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan pada Tahun 2022. Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun 2022.

“Penghargaan STBM Berkelanjutan sebagai Kabupaten sanitasi total berbasis masyarakat berkelanjutan pada upaya memobilisasi masyarakat untuk terlibat dalam mempertahankan layanan sanitasi masyarakat berkelanjutan, dari Kemenkes pada Tahun 2022. Penghargaan Predikat Kabupaten/Kota Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan HAM RI, pada acara Hak Asasi Manusia Sedunia Ke-74 Tahun 2022,” terang Bupati.

Disampaikannya, “Kecamatan Way Tuba berdasarkan nilai Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2021 baru mencapai 0,6655 kategori berkembang, meningkat pada Tahun 2022 mencapai 0,6864 kategori berkembang. Dimana saat ini di Kecamatan Way Tuba terdapat 3 Kampung Maju, dan 10 Kampung Berkembang. Dan capaian ini lebih rendah dari nilai IDM Kabupaten Way Kanan yaitu 0,6912.

“Terkait dengan percepatan pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten Way Kanan menghibahkan barang milik daerah berupa jalan dan jembatan, sumur bor, dan bangunan kepada Pemerintah Kampung. Tidak sedikit asset yang dibangun oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten yang dibangun pada Tahun 2018, 2019, 2020, di wilayah Kampung di Kabupaten Way Kanan,” ujar Adipati.

Dijelaskannya, “Dengan dilaksanakannya hibah tersebut, diharapkan kepada Pemerintah Kampung (Desa) untuk mencatat barang millik daerah tersebut dalam neraca asset Kampung. Setelah tercatat Pemerintah Kampung dapat memperbaiki atau meningkatkan asset tersebut melalui Anggaran Belanja Kampung.

“Kedepannya, hibah barang milik daerah kepada Pemerintah Kampung akan dilaksanakan secara bertahap dalam rangka percepatan pembangunan di Wilayah Kampung se-Kabupaten Way Kanan, Adipati menyampaikan bahwa Kampung Way Tuba Asri menerima hibah barang milik daerah berupa 3 ruas jalan,” tuturnya.

Pewarta  : Erwin

Editor      : Herman Hamka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here