Beranda Mau Tau H. Aep Saepuloh Hadiri Pengukuhan DPC HILLSI Karawang dan Sosialisasi Pembiayaan Kredit...

H. Aep Saepuloh Hadiri Pengukuhan DPC HILLSI Karawang dan Sosialisasi Pembiayaan Kredit Produk BJB

172
0
BERBAGI

Kabupaten Karawang, Wartareformasi.com – Wakil Bupati Karawang, H. Aep Saepuloh, S.E., mewakili Bupati Karawang, dr. Hj. Celica Nurachadiana menghadiri pengukuhan dewan pimpinan cabang (DPC) himpunan lembaga latihan seluruh Indonesia (HILLSI) Kabupaten Karawang sekasligus sosialisasi oembiayaan kredit produk Bank BJB, bertempat di front One Aksaya Hotel jalan Telukjambe Timur, Selasa (12/7/2022).

Dalam kata sambutannya, Wakil Bupati (Wabup) Karawang, H. Aep Saepuloh, S.E menyampaikan bahwa Pemkab Karawang sangat mensuport dengan adanya perkumpulan lembaga pelatihan kerja (LPK) di kabupaten Karawang, sehingga apa yang menjadi permasalahan terkait ketenagakerjaan dapat diselesaikan. Keberadaan DPC HILLSI mendapat dukungan penuh dari Bank BJB cabang Karawang.

“Kerjasama antara HILLSI dan Bank BJB, Pemkab akan mendorong agar apa yang menjadi program HILLSI demikian juga kepada Bank BJB diharapkan agar selalu membantu terkait masalah dana tenagakerja yang siap berangkat ke luar negeri,” katanya.

Dihadapan awak media, Wabup mengatakan, Mudah-mudahan Plt Kadisnaker dan Sekdin beserta jajaran para kabid tolong fokus, paska hadirnya wadah HILLSI bisa menjadi prioritas. Jarang sekali kita bisa berkumpul seperti ini. Kalau ada yang membuka LPK di Karawang, tolong dong prioritaskan orang Karawang,” pintanya.

Lanjutnya, “Untuk pengawasan tentunya harus ada, bahaya kalau tidak diawasi, jangan sampai terjadi seperti daerah kabupaten lain lembaga keterampilan berkedok LPK mereka hanya menerima rekrutan tapi tidak sampai ke pekerjaan hanya kursusnya bahasa jepangnya tapi tidak memberangkatkan mereka,” tutupnya.

Plt. Kadis Disnakertrans Karawang, Asip Suhendar mengatakan, kita ingin HILLSI dengan Disnakertrans bersinergis, makanya pada kesempatan sekarang kita hadirkan SMK/SMA dan LPK-LPK lain nanti kita undang berkelanjutan, untuk sekarang baru ada 23 LPK yang hadir dari 165 LPK yang ada di Karawang,” tutur Kadis.

Lanjutnya, “Kita berharap dengan adanya rutinitas melakukan pertemuan dan sosialisasi target untuk memberangkatkan tenaga kerja luar negeri akan banyak, selama ini terkendala oleh dana. Sesuai petunjuk Bupati dan Wabup mengarahkan agar Bank BJB agar mensuport pendanaan supaya warga Karawang di berangkatkan,” harapnya.

Sementara itu,  Ketua DPC HILLSI Karawang,  Muktar Somantri mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan pengukuhan pengurus HILLSI Kabupaten Karawang ini, juga dihadiri pengurus DPD HILLSI Provinsi Jawa Barat, Plt Kadisnaker, Kepala SMA/SMK, Kadin Karawang, Apindo,” ucapnya.

Lanjutnya, Khususnya LPK yang mempunyai karakter cluster pemagangan luar negeri dapat mengatasi persoalan pemagangan luar negeri karena terkendala oleh pembiayaan pelatihan dan pemberangkatan, bersyukur pemerintah daerah membantu pembiayaan kami melalui Bank BJB.

“Kerjasama atau kolaboratif yang luar biasa, sehingga HILLSI hadir dapat memberikan kontribusi kepada pemkab Karawang khususnya masyarakat yang berkeinginan magang atau kerja di luar negeri,” pungkasnya.**@Ropendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here