Beranda Mau Tau Pemkab OKU Selatan Gelar Rakor Persiapan Mudik Idul Fitri Siapkan Posko Lebaran

Pemkab OKU Selatan Gelar Rakor Persiapan Mudik Idul Fitri Siapkan Posko Lebaran

33
0
BERBAGI

Kabupaten OKU Selatan, Wartareformasi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, H. Hermansyah Said, S.Ip., pimpin langsung Rapat Koordinasi Persiapan Mudik Idul fitri 1443 H, Rabu (13/4/2022).

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten OKU Selatan, Harsen, menjelaskan terkait pedoman pelaksanaan mudik lebaran tahun 2022, hal ini untuk menindaklanjuti arahan Presiden RI, Joko Widodo terkait kebijakan mudik saat Hari Raya Idul Fitri 2022 yang diperbolehkan dengan ketentuan syarat perjalanan yakni sudah dua kali vaksin primer dan satu kali vaksin booster.

“Berikut hal-hal yang menjadi fokus kita dalam pelaksanaan mudik di tahun ini, berdasarkan survey pada angkutan lebaran nasional sebesar 29,4% sebanyak 79,4 juta orang, dengan maksud dan tujuan untuk memberikan fasilitas bagi masyarakat yang membutuhkan angkutan mudik, baik selama periode hari raya Idul Fitri Tahun 2022, mencegah terjadinya penyebaran dan peningkatan penularan Corona Virus pada periode hari raya Idul Fitri Tahun 2022. Dalam hal ini diperlukan koordinasi antar pemangku kepentingan mengenai pelaksanaan teknis di lapangan agar Angkutan Lebaran 2022 dapat berjalan dengan aman, tertib, selamat, dan lancar,” ungkap Kadishub.

Kadishub juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten OKU Selatan telah menyiapkan Posko mudik lebaran di tiga tempat, yaitu di Simpang Martapura, Terminal Muaradua, dan di Banding Agung guna memberikan kenyamanan keamanan untuk para calon pemudik. “diharapkan pada semua yang terlibat dalam rapat persiapan mudik lebaran ini kita bisa saling menemukan solusi sehingga kita siap dan siaga dalam mempersiapkan arus mudik lebaran di tahun ini dan berjalan aman lancar, tanpa menimbulkan resiko penyebaran penularan Corona Virus,” harap Kadishub.

Terkait hal ini Assisten II juga menjelaskan, bahwa kesiapan posko di beberapa titik tempat yang telah di tentukan harus dipersiapkan sedini mungkin, petugas-petugas kesehatan maupun petugas yang ada di posko harus selalu standby, sehingga pelayanan yang diberikan bisa maksimal bagi calon pemudik dalam mengawasi pemudik dengan memberikan rasa nyaman dan aman kepada pemudik

“Koordinasi, diskusi, dan kerjasama dari semua pihak untuk lebih mempersiapkan semaksimal mungkin kenyamanan, keamanan para calon pemudik, itu menjadi tugas pemerintah dalam mempersiapkan mudik lebaran di tahun 2022 ini, kita berharap mudik lebaran di tahun ini, bisa aman dan lancar, tanpa menimbulkan claster baru atas pencegahan penularan Covid-19 yang masih melanda dunia,” tegasnya.

Bertempat di ruang rapat terbatas Bupati OKU Selatan, rapat ini turut dihadiri Kepala Sat Pol PP, Kadinkes, Kadin PU TR, Kadin Parbud, Kadin Koperindag, Kalaksa BPBD, Kepala Terminal Tipe B Muaradua, Camat Muaradua, Camat Simpang, Camat BPR Ranau Tengah, Camat Banding Agung, Camat Warkuk Ranau Selatan, Danramil Muaradua, dan Kasat Lantas Polres OKU Selatan.**@Jafar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here