Beranda Sumsel Sumsel Lima Besar Provinsi Tertinggi Penilaian Indeks Inovasi Daerah

Sumsel Lima Besar Provinsi Tertinggi Penilaian Indeks Inovasi Daerah

423
0
BERBAGI

PALEMBANG, Warta Reformasi – Provinsi Sumatera Selatan masuk dalam lima besar Provinsi di Indonesia dalam Penilaian Indeks Inovasi Daerah 2021. Hal tersebut terungkap dalam webinar yang digelar Kementerian Dalam Negeri RI dengan tema “Best Practice Inovasi Daerah dan Penilaian Indeks Inovasi Daerah 2021, yang dihadiri Wakil Gubernur Sumsel, H. Mawardi Yahya di Commend Center Kantor Gubernur, Rabu (4/8/2021).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Litbang Kemendagri), Agus Fatoni mengatakan untuk perkembangan terkini progres input indeks inovasi daerah tahun 2021 ada lima provinsi dengan hasil penilaian tertinggi  salah satunya Provinsi Sumater Selatan. Kemudian Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, Papua dan Nusa Tenggara Timur.

Sedangkan untuk tingkat Kabupaten/kota masing-masing ada 10 tertinggi dalam Penilaian Indeks Inovasi Daerah 2021. Dia menyebut data tersebut tercatat pada pukul 8, Rabu (4/8) pagi.

Dikatakannya, dari seluruh progres  data  yang  tercatat sebanyak 543 daerah yang sudah melakukan input. Sedangkan 32 daerah lainnya belum melakukan input data. Karena itu dia harapkan  bagi daerah yang belum menginput data segeramelakukan input dara dengan  mengsisi indeksi inovasi daerahnya masing-masing.

“Pengukuran atau penilaian indeks inovasi daerah ini dilakukan dalam rangka pembinanaan kepada daerah untuk penyelenggaraan pemerintahan daerah. Artinya Inovasi yang dilakukan daerah patut diapresiasi,” jelasnya.

Berdasarkan data lanjut dia, partisipasi indeks inovasi daerah dari tahun 2018 hingga 2021 ini  terus mengalami peningkatakan. Inovasi lanjut dia bukanlah tujuan namun menjadi salah satu  metode dalam rangka mencari penyelesaian persoalan yang ada.

“Inovasi ditingkat global akan bisa terangkat ketika kita melakukan inovasi daerah. Disamping itu kita juga melakukan inovasi dalam rangka menuju budaya kerja yang lebih baik lagi,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel, H. Mawardi Yahya mengucapkan terima kash kepada semua jajaran Pemprov Sumsel terus melakukan inovasi. Menurutnya Provinsi Sumsel termasuk daerah yang cukup baik karena masuk lima besar. “Saya kira kita cukup baik dari beberapa Provinsi di Indonesia,” ucapnya.

Dia harapkan kepada seluruh 17 Kabupaten/Kota untuk tetap terus berinovasi tidak lain dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Harapan kita nanti untuk Kabupaten/Kota di Sumsel tetap ikut berinovasi. Yang mana inovasi ini dimaksud untuk merubahkan mindset kita dalam mempercepat kebijakan -kebijakan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat,” pungkasnya.

Hadir dalam Webinar Best Practice Inovasi Daerah 2021 kali ini Mendagri diwakili oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Litbang Kemendagri) Agus Fatoni dan diikuti oleh Para Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Walikota se indonesia.**@AS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here