Beranda Bangka Belitung Tingkatkan Literasi Masyarakat, Karang Taruna Bangka Barat Bakal Gelar Lomba Karya Tulis

Tingkatkan Literasi Masyarakat, Karang Taruna Bangka Barat Bakal Gelar Lomba Karya Tulis

32
0
BERBAGI

Bangka Barat – Babel, Warta Reformasi – Guna meningkatkan literasi masyarakat, Karang Taruna Kabupaten Bangka Barat bakal menggelar lomba karya tulis. Penelusuran sejarah asal usul nama desa, kelurahan, kampung atau dusun di Kabupaten Bangka Barat melalui lomba menulis. “Hal tersebut disampaikan, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bangka Barat, Arie Kurniardi saat temui di kediamannya, Kamis (10/6/2021).

Menurut Ketua Karang Taruna Kabupaten Bangka Barat,  Arie Kurniardi, menjelaskan latar belakang dilaksanakannya program ini sebagai bagian untuk menumbuhkan semangat literasi.

“Salah satu program Karang Taruna itu sesuai AD/ART adalah menumbuhkan, menjaga, dan memelihara kearifan lokal. Ini yang kemudian kita integrasikan dengan upaya meningkatkan semangat literasi, dan menambah wawasan masyarakat lewat penelusuran sejarah dan menulis,” kata Arie.

Lanjutnya,  Lomba menulis yang mengusung tema “mengenal makna nama, menjaga sejarah, mencintai daerah” ini dapat diselenggarakan berkat dukungan Pemerintah dan khususnya PT. Timah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, dan khususnya PT. Timah atas dukungannya. Tentu hal ini tidak dapat kami selenggarakan maksimal jika tidak ada dukungan semua pihak,” jelas Arie.

Secara teknis, Arie menyampaikan lomba menulis ini direncakan akan diselenggarakan,  Minggu (12/6/2021) besok dan dapat diikuti oleh masyarakat umum, dengan menyertakan sumber referensi yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Silahkan masyarakat yang memenuhi syarat untuk dapat mengikuti lomba ini, selanjutnya naskah yang dikirim akan di telaah oleh tim penilai yang berkompeten. Dan PT Timah telah menyiapkan bonus serta sertifikat kepada pemenang dan peserta yang ikut,” tambah Arie.

Arie pun berkeyakinan, melalui kegiatan ini, masyarakat dapat mengetahui makna sejarah dibalik nama-nama desa, kelurahan, kampung, atau dusun di Kabupaten Bangka Barat. Hal ini akan menjadi catatan baru bagi kemajuan daerah khususnya Kabupaten Bangka Barat.

“Saya optimis melalui lomba ini, kita dapat menelusuri jejak sejarah bersama-sama sebagai salah satu inovasi kita untuk pembangunan daerah. InshaaAllah selambatnya 3 (tiga) hari kedepan poster pengumuman lomba akan kami publikasikan lewat media sosial,” tutup Arie.**@(R”77)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here