Beranda Mau Tau TPS 3R Bina Lingkungan Kutanegara Jadi Studi Mahasiswa UBP Karawang

TPS 3R Bina Lingkungan Kutanegara Jadi Studi Mahasiswa UBP Karawang

180
0
BERBAGI

Karawang, Jabar -Wartar Reformasi- Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle, (TPS 3R) Bina lingkungan yang berada di dusun Cigembol Desa Kutanegara kecamatan Ciampel kedatangan para mahasiswa dari Perguruan Tinggi Universitas Buana Perjuangan (UBP) dalam rangka tugas project mata kuliah Otomatis Sistem Produksi, Minggu (6/6/2021).

Ketua Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) Bina Lingkungan Desa Kutanegara bertempat di Dusun Cigembol RT:003-RW:002, Boy Faizal Akbar, S.H., kepada Warta Reformasi mengatakan bahwa kedatangan mahasiswa Perguruan Tinggi untuk mengamati proses produksi pupuk organik TPS 3R, serta mengetahui peralatan /mesin apa saja yang digunakan dalam proses pembuatan pupuk organic,” jelasnya.

TPS 3R Bina lingkungan menjadi studi project mata kuliah Mahasiswa UBP Karawang Otomasi Sistem Produksi angkatan 2018 semester 6, program studi teknik industri fakultas teknik dan ilmu komputer,” ujar ketua KPP yang juga pengurus di Forum TPS 3R.

Selanjutnya ,Boy Faizal Akbar mengatakan bahwa setelah melakukan pengamatan para mahasiswa UBP kemudian memberikan saran dan usulan kepada TPS 3R Desa Kutanegara mengenai improvement untuk proses manufakturnya dengan kaidah otomasi atau Flexsible Manufakturing Sistem (FMS),” tutup Boy.

Sementara itu, Akmal Naufal Hafidh mahasiswa yang ikut dalam studi menyampaikan rasa terimakasih kasih kepada pengurus KPP TPS 3R Bina lingkungan yang telah menerima kami untuk studi project mata kuliah, di TPS 3R kami juga mendapatkan ilmu tentang manfaat dari adanya pengelolaan Sampah,” katanya.

Pemberdayaan bisa menyerap tenaga kerja yang kurang produktif usianya, permasalan sampah bisa teratasi khususnya diwilayah Desa Kutanegara. Segi UMKM bisa berkembang dan dari hasil pengolahan sampah menjadi kompos dan jadi nilai jual dan lingkungan bisa tertata rapi yang minim sampah sehingga bisa sejahtera dalam bidang lingkungan.**@Ropendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here