Beranda Mau Tau Peringati HUT Ke-152 Kabupaten Lahat, DPRD Gelar Sidang Paripurna VIII

Peringati HUT Ke-152 Kabupaten Lahat, DPRD Gelar Sidang Paripurna VIII

64
0
BERBAGI

Kabupaten Lahat,  Warta Reformasi – Perayaan Ke XXIII tahun 2021 hari jadi Ke-152 Kabupaten Lahat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat menggelar sidang paripurna istimewa VIII digedung utama DPRD, Kamis (20/5/2021).

 

Sidang paripurna istimewa ini dihadiri langsung Gubernur Sumsel, H.Herman Deru, S.H., Bupati Lahat, Cik Ujang, S.H., Wakil Bupati Lahat, H. Haryanto, S.E., M.M., Ketua DPRD dan Anggota beserta jajaran Kabupaten Lahat, Mantan Bupati Lahat, Marwan Mansyur, S.E., M.M., Kepala Dinas,  OPD, Kepala Badan,  Kapolres,  Kapolsek, Camat, Kepala Desa dan tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Kabupaten Lahat,  Fitrizal Homizi, S.T., menerangkan dalam kata sambutannya bahwa 20 Mei merupakan hari bersejarah bagi Kabupaten Lahat, merupakan hari kelahiran bagi Bumi Seganti Setungguan,” katanya.

Lanjutnya, Pada 20 Mei 1869 Lahirnya Kabupaten Lahat, Bumi Seganti Setungguan merupakan Kabupaten tertua di Sumatera Selatan (Sumsel) apalagi saat ini Kabupaten Lahat, memiliki 24 kecamatan, 17 kelurahan serta 360 desa,” bebernya.

Ia juga membeberkan, sebelum dipimpin Bupati Lahat, Cik Ujang, SH., dan Wakil Bupati, Haryanto. S.E,. M.M. “Kabupaten Lahat dulu sangat luas sebelum Kota Pagar Alam, Muara Enim dan Empat Lawang menjadi daerah otonom.

“Selain memiliki kekayaan di bidang pertambangan seperti Batubara, Lahat memiliki kekayaan di sektor perkebunan dan pertanian salah satunya kopi yang menjadi andalan petani di Bumi Seganti Setungguan.

Lahat juga memiliki potensi destinasi wisata yaitu, air terjun dan keberadaan Situs Megalit yang usianya ribuan tahun dan bahkan Megalit terbanyak diseluruh dunia,” terangnya.

Ketua DPRD menjelaskan,  beda seperti tahun sebelumnya, perayaan kali ini hanya dilakukan di gedung DPRD Lahat dengan digelar sidang istimewa yang ke Vlll untuk HUT Lahat. Hal ini dalam upaya pencegahan covid-19. Selain pembatasan undangan protokol kesehatan ketat diberlakukan bagi para tamu undangan,” jelasnya.

Pada Kesempatan itu, Bupati Lahat, Cik Ujang , meminta dengan Gubernur Sumsel, H. Herman Deru untuk dapat membantu pembangunan insfrastruktur yang ada di Bumi Seganti Setungguan ini,” ucap Cik Ujang.

Bupati Lahat juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas bantuan yang diberikan Gubernur ditahun 2019-2021 hinga sampai saat ini terus berkelanjutan, alhamdullilah 58 Infrastruktur sudah selesai,” tutur Cik Ujang.

Selain itu yang masih menjadi pikiran orang Nomor 1 di Bumi Seganti Setungguan adalah penyelesaian jembatan penghubung Lematang 2 yang ada di Desa Ulak Lebar. “Agar tercipta Kabupaten Lahat dapat menjadi salah satu Daerah pertumbuhan ekonomi yang kuat menuju masyarakat sejahtera, sehat dan bercahaya,” harapnya.

Pada Kesempatan ini, Gubernur Sumsel merespons apa yang disampaikan Bupati Lahat dengan memberikan bantuan awalnya sebesar Rp.24.3 Miliar. Lalu berhubung suasana perayaan hari jadi Kabupaten Lahat, Gubernur Sumsel menambahkan hadiah sebesar Rp.70 Miliar. “Jadi total bantuan untk kabupaten Lahat anggaran Tahun 2021 saat ini sebesar Rp. 94.3 Miliar.**@Cecep/Her

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here