Beranda Mau Tau KKL di Jakarta, Mahasiswa STIH SERASAN Muara Enim Berkunjung Ke Ombudsman RI

KKL di Jakarta, Mahasiswa STIH SERASAN Muara Enim Berkunjung Ke Ombudsman RI

326
0
BERBAGI

Jakarta, Warta Reformasi – Dalam rangka kegiatan kuliah kerja lapangan (KKL) untuk mengetahui tugas dan fungsi Ombudsman Republik Indonesia. Mahasiswa serta dosen STIH Serasan Muara Enim, berkunjung ke kantor Ombudsman RI yang beralamat di jalan HR. Rasuna Said Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020) lalu.

Kunjungan Yang di hadiri kira-kira 100 Mahasiswa STIH Serasan tersebut, di sambut oleh Anggota Ombudsman RI, Adrianus Eliasta Meliala didampingi Asisten Utama Dominikus Dalu di Ruang Serbaguna, Lantai Dasar Gedung Ombudsman Republik Indonesia, Jalan HR Rasuna Said Jakarta Selatan.

Andrianus menyambut baik dan meng apresiasi mahasiswa serta dosen STIH Muara Enim tersebut, yang ingin lebih mengetahui tugas dan fungsi Ombudsman Republik Indonesia.

“Anda semua ini adalah teman Ombudsman, kami senang dengan kunjungan ini, karena Anda semua merupakan perpanjangan tangan dari Ombudsman,” ujar Adrianus dalam sambutannya.

“Ombudsman adalah lembaga non-hukum yang mendukung cara-cara non-hukum juga dalam menyelesaikan masalah dengan cara mediasi atau konsiliasi. Jadi apa yang anda temukan dalam kuliah, mungkin tidak anda temukan disini,” tambahnya.

Asisten Utama Ombusman RI,  Dominikus Dalu,  menjelaskan jika masyarakat dalam mengakses pelayanan publik, seperti pengurusan SIM, KTP, BPJS, sertifikat tanah dan perijinan lainnya tapi tidak dilayani itu bisa dilaporkan kepada Ombudsman dengan diawali dengan melapor ke bagian pengaduan internal instansi terkait. Apabila tidak ditanggapi maka bisa melapor ke Ombudsman. Karena sebagai Warga Negara berhak mendapat pelayanan yang baik karna kita membayar pajak dan Negara harus memberikan pelayanan.

“Kami juga melakukan sosialisasi, edukasi, diseminasi tentang keberhasilan Ombudsman kepada publik. Seperti forum seperti ini juga merupakan upaya kita dalam menginformasikan tugas dan kewenangan Ombudsman,” terangnya.

“Memperbaiki birokrasi kita yang terlanjur koruptif dan malas tidaklah mudah. Orang yang datang ke Ombudsman dengan segala masalahnya, kami di Ombudsman sudah dibekali pelatihan bagaimana cara menghadapi pelapor dan birokasi. Karena Ombudsman adalah lembaga seperti Ombudsman ini merupakan tempat keluh kesah masyarakat,” ungkapnya.

“Dominikus, mengucapkan, terima kasih atas kunjungannya, semoga menjadi bahan bagi kita semua, mohon maaf kurang lebihnya, dengan senang hati kami di Ombudsman berharap adik-adik bisa menjadi duta Ombudsman, bisa menyampaikan ke saudara, kenalan, dan sahabat apa itu lembaga yang namanya Ombudsman RI,” ucapnya.**@(APJ/Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here