Beranda Mau Tau Sebanyak 40 Penggiat Media Massa di Kabupaten PALI Ikuti Penyuluhan Bahasa Indonesia

Sebanyak 40 Penggiat Media Massa di Kabupaten PALI Ikuti Penyuluhan Bahasa Indonesia

312
0
BERBAGI

PALI, Warta Reformasi- Sedikitnya 40 penggiat media massa se-Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada hari ke dua mengikuti penyuluhan Bahasa Indonesia yang berlangsung di Gedung Pesos Komperta Pendopo, Kamis (17/10/2019).

Pada kesempatan ini, Linny Oktavianny Narasumber pemateri dari Balai Bahasa Sumsel mengatakan, bahwa kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia untuk para penggiat media massa dilakukan sebagai bentuk pengembangan dan pembinaan bahasa.

Dikatakannya, Penyuluhan ini sebagai bentuk pengembangan bahasa Indonesia untuk para media PALI di Sumsel, melalui kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia. Kegiatan ini juga merupakan program strategis Balai Bahasa bagi penggiat media untuk diberikan materi Penyuluhan Bahasa,” ungkapnya.

“Linny Oktavianny mengajak, Jurnalis yang bertugas di PALI dalam menuangkan berita di medianya menggunakan ejaan mengacu Pada kaidah yang sudah di sepakti dan di bakukan,”Ajaknya.

Selain menggunakan ejaan yang baik dan benar dalam menuangkan karya jurnalisnya, wartawan juga melalui karya tulisnya dapat membantu Balai Bahasa Indonesia untuk di masukan dalam Kamus Bahasa Indonesia (KBBI) jika terdapat kata-kata yang belum di bakukan mengandung makna tersendiri,” Ajak Linny.

Selaku pemateri ejaan Bahasa Indonesia Linny Oktavianny menuturkan, ejaan dan pemilihan kata sangat penting diketahui para penggiat media dalam menuliskan sebuah berita agar tidak melenceng dari kaidah-kaidah ejaan berbahasa Indonesia yang baik dan benar,” tuturnya.

Menurut Linny Oktavianny kegiatan ini sangatlah penting karena berkaitan langsung ejaan yang sudah disempurnakan, khususnya ejaan dalam penulisan dan penggucapan. Penyuluhan pemahaman dan penyamaan persepsi kepada peserta mengenai penggunaan bahasa Indonesia di media massa,” jelasnya.

Menurut salah satu peserta Yupantri dari media Warta Reformasi, ia sangat mengapresiasi kegiatan Penyuluhan penggiat media massa se-Kabupaten PALI ini. Sendirinya dapat dipahami tentang materi yang di sampaikan oleh pemateri berkaitan dengan kebijakan bahasa, ejaan bahasa Indonesua, diksi/pilihan kata, tata istilah, kalimat dan paragraf,”Ujarnya.**@(Herman Hamka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here