Beranda Sumsel Antusias Warga Serbu Kantor Kades Rekam E-KTP, KK, Akte Langsung Jadi

Antusias Warga Serbu Kantor Kades Rekam E-KTP, KK, Akte Langsung Jadi

307
0
BERBAGI

Pjs Kades Kurang Endah M Sarpendi & Staf Capil PIAK Kabupaten Muara Enim dalam program jemput bola pembuatan E-KTP, KK,  Akte Kelahiran langsung jadi dikantor desa Karang Endah Kecamatan Gelumbang, Senin (25/2/2019).

Muara Enim, Warta Reformasi- Masyarakat dari enam Desa di Wilayah Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan terlihat berbondong-bondong dan mengantri di Kantor Desa Karang Endah Kecamatan Gelumbang, Senin (25/2).

Antrian masyarakat dari enam Desa tersebut, rupanya tengah menunggu panggilan dari petugas dinas Catatan Sipil (Capil) Kabupaten Muara Enim yang akan merekam atau membuat E KTP, KK, dan Akte , maupun hal perubahan data adminitrasi lainnya.

Ditemui diruang Kantor Desa Karang Endah Utara tersebut, Kepala Desa Karang Endah M Sarpendi,” mengutarakan,kami selaku Kepala Desa memfasilitasi masyarakat dari enam Desa di Kecamatan Gelumbang ini dalam membantu pembuatan E-KTP, KK, Akte, dan Perubahan data yang dilakukan dinas Capil Kabupaten Muara Enim.

Adapun warga dari enam Desa yang hadir di Kantor Desa Karang Endah Utara ini, yakni dari Desa Karang Endah Utara, Karang Endah Selatan, Gaung Telang, Pedataran, Midar, Mililian, dan Jambu,” terang M Sarpendi.

Dikatakan Sarpendi, selain memfasilitasi masyarakat dan dinas Capil untuk pembuatan E KTP, KK, dan Akte Lahir, serta perubahan data tersebut, Tentunya hal tersebut masyarakat sangat terbantu adanya program jemput bola dari Capil Kabupaten Muara Enim yang bekerjasama dengan Kantor Desa Karang Endah Utara selaku Fasilatas, Apalagi ini tidak ada pungutan biaya dan langsung jadi.

Dan kami berterimakasih atas kepercayaan dari Bapak Bupati Muara Enim yang telah memberikan kepercayaan kepada saya selaku Pjs Kades Karang Endah yang baru saya pimpin ini yang Alhamdulilah berjalan dengan sukses,” ungkap M Sarpendi.

Sementara Kepala Dinas Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muara Enim Untung Susilo, melalui Staf Dinas Capil Pengelolaan Informasi Adminitrasi Kependudukan (PIAK) ,Hj Afriana Saptawati, yang ditemui di kantor Desa Karang Endah mengatakan, ini program jemput bola dari Dinas Capil dalam melayani dan turun ditengah-tengah masyarakat, dan Desa Karang Endah Utara yang pertama kali mendapatkan kepercayaan pembuatan E KTP, KK, Akte, maupun perubahan data.

Program jemput bola dan uji coba yang kami lakukan dalam mempercepat pembuatan E-KTP, KK, Akte Lahir yang langsung jadi dan gratis ini, Nantinya akan terus dilakukan ke wilayah Kecamatan /Desa Kabupaten Muara Enim ,” ungkap staf  PIAK Capil Hj Afriana Saptawati kepada media ini.

Ditambahkannya,” bagi masyarakat yang belum merekam atau membuat  E-KTP, KK, Akte Lahir, maupun perubahan bio data lainnya, Untuk dapat segera membuatnya dengan membawa surat keterangan dari Desa /Kades,” Karena Dinas Capil Kabupaten Muara Enim akan menyinggahi dan turun langsung ditengah tengah masyarakat ,” pungkas Afriana, didampingi staf Capil dan perangkat Desa pada Senin (25/02/19).

Sementara warga Desa Gaung Telang, Karang Endah, Pedataran, dan warga  Desa lainnya ketika ditanyai terkait adanya pembuatan E KTP, KK, Akte, dan Perubahan data, yang dilakukan dinas Capil dalam program jemput bola kerjasama dengan Desa Karang Endah   tersebut, mengatakan tentunya ini sangat membantu sekali. ” Coba dari dulu program ini Pak, Kita tidak Bolak Balik nak ke Muara Enim yang jarak nya ratusan kilo itu, Ya semoga saja program ini lancar karena ini sangat membantu kita apalagi ini gratis,” ungkap nya.**@(HKJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here