Beranda Mau Tau 141 PESERTA IKUTI SELEKSI PENERIMAAN PPPK BERBASIS CAT UNBK DI LINGKUNGAN PEMKAB...

141 PESERTA IKUTI SELEKSI PENERIMAAN PPPK BERBASIS CAT UNBK DI LINGKUNGAN PEMKAB OKU SELATAN

227
0
BERBAGI

OKU SELATAN, Warta Reformasi- Mewakili Bupati OKU Selatan, Asisten III Bidang Administrasi Umum Herman Azedi, SKM., M.M. hadir dan membuka secara resmi Seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) berbasis CAT UNBK di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, Sabtu (23/2).

Bertempat di SMK N 1 OKU Selatan, seleksi penerimaan pegawai PPPK di lingkungan Pemkab OKU Selatan ini diikuti sebanyak 141 peserta yang terdiri dari formasi tenaga pendidik atau guru dan tenaga penyuluh pertanian yang berasal dari tenaga harian lepas/tenaga bantu penyuluh pertanian yang diangkat berdasarkan keputusan Menteri Pertanian.

Untuk metode seleksi yang digunakan yaitu menggunakan Sistem Computer Assisted Tes (CAT) berbasis UNBK. Dipilihnya SMK N 1 OKU Selatan sebagai lokasi penyelenggaraan tes CAT UNBK dikarenakan SMK N 1 OKU Selatan telah siap dari segi sarana dan prasaran.

Kepala BKPSDM Kabupaten OKU Selatan Eva Nirwana, SIP.,M.S.i. yang juga selaku Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) berbasis CAT UNBK di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan.

Dalam laporannya menyampaikan bahwa dasar dari pelaksanaan ini adalah Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 yang baru keluar pada akhir desember 2018 kemarin, dan Permenpan Nomor 2 Tahun 2019 sedangkan Juknisnya sendiri baru keluar, Rabu (20/2/2019).

Kepala BKPSDM juga menyampaikan tujuan dari penerimaan PPPK di lingkungan Pemkab OKU Selatan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada instansi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dan tentunya untuk mendapatkan pegawai yang profesional.

Kepala BKPSDM juga menjelaskan untuk nilai ambang batas untuk kompetensi teknis, manajerial, serta sosial kultural paling rendah 65 (akumulatif), dan nilai kompetensi teknis paling rendah 42. Jika peserta memenuhi nilai ambang batas tersebut, maka juga harus melampaui nilai ambang batas wawancara berbasis komputer paling rendah 15.

Selanjutnya Setiap peserta seleksi PPPK harus melalui tiga tahapan yakni seleksi administrasi, seleksi kompetensi, dan seleksi wawancara. Dengan jumlah 100 soal, terdiri dari 90 soal kompetensi teknis, manajerial, serta sosial kultural, dan 10 soal wawancara berbasis komputer.

Untuk pelaksanaan Seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) berbasis CAT UNBK di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan ini hanya berlangsung selama satu hari dibagi menjadi tiga sesi.

Dalam sambutan tertulis Bupati OKU Selatan yang dibacakan oleh Asisten III, bahwa seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah bagi orang-orang yang telah berjasa dan berjuang cukup lama untuk negara dan menanti menjadi ASN termasuk didalamnya eks tenaga honorer kategori dua yang tidak
memenuhi syarat untuk diangkat sebagai CPNS, mengingat peserta yang mengikuti seleksi dapat berumur lebih dari 35 tahun bahkan satu tahun menjelang pensiun.**@Sawaluddin /Diskominfo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here