Beranda Mau Tau Pemdes Panca Tunggal Bersama Masyarakat Gelar Ruwatan Desa

Pemdes Panca Tunggal Bersama Masyarakat Gelar Ruwatan Desa

241
0
BERBAGI

Kabupaten OKU Timur, Wartareformasi.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Panca Tunggal bersama masyarakat menggelar tradisi ruwatan desa (Sedekah bersih desa).

“Tradisi ruwatan atau bersih desa yang digelar Desa Panca Tunggal merupakan kegiatan yang sering dilaksanakan secara turun temurun dari orang tua zaman dahulu, ruwatan dilaksakan dikediaman Kepala Desa Panca Tunggal, Sudaryono, Sabtu (27/8/2022).

Pada ruwatan desa tersebut dhadiri Camat Belitang Jaya, Yuni Riyanto, Kepala Desa se-Belitang Jaya, Babinsa, Kapolsek, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, masyarakat sekitar dan tamu undangan lainnya.

Pada pagelaran ruwatan desa ini digelar Seni Budaya Wayang Kulit dengan menghadirkan “Dalang Kidang Trisusanto” Yang sengaja dikemas berbarengan dengan peringatan HUT Ke-77 RI, Juga bertepatan peringatan Malam Suro atau Muharam (Bahasa Jawa nya).

Kepala Desa (Kades) Panca Tunggal, Sudaryono berharap kepada masyarakat agar tetap saling harga menghargai Guyub, tetap melestarikan budaya gotong royong.

“Ruwatan ini sebagai rasa bersyukur kepada Allah SWT, Agar tercipta Desa Panca Tunggal yang adem ayem dan nyaman,” ungkapnya.

Pada moment ini, Kades juga mengajak masyarakat Panca Tunggal untuk terus melestarikan budaya daerah.

“Terus dilestarikan budaya daerah ini, supaya anak cucu kita sebagai generasi penerus nantinya dapat menjaga dan melestarikan seni budaya daerah yang sudah turun temurun dilaksanakan,” ajaknya.**@Eko Jauhari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here