Beranda Mau Tau Hadiri Ruwatan Desa Sidorejo, Bupati OKU Timur Ajak Warga Lestarikan Budaya Daerah

Hadiri Ruwatan Desa Sidorejo, Bupati OKU Timur Ajak Warga Lestarikan Budaya Daerah

258
0
BERBAGI

Kabupaten OKU Timur, Wartareformasi.com – Dalam Rangka Sedakah Bumi sekaligus melestarikan budaya leluhur yang kental akan dengan adat daerah, Bupati OKU Timur, H. Lanosin menghadiri acara Ruwatan (Bersih) Desa Sidorejo Kecamatan Belitang Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.

“Ruwatan ini dihiasi pegelaran Pentas Seni Wayang Kulit sekaligus Bersih Desa (Sedekah) yang dikemas dalam peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, yang digelar di lapangan Desa Sidorejo, Selasa (24/8/2022).

Turut Hadir Camat Belitang Jaya, Yuni Haryanto, Kades Sidorejo, H. Junet Selaku Tuan Rumah, Kades se-Belitang Jaya, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Warga Sekitar serta menghadirkan Dalang dari Batumarta, Ki Dalang Toto dengan pertunjukan Wayang Dengan Lakon “Semar Membangun Desa”.

Kepala Desa (Kades) Sidorejo, H. Junet dalam kata sambutannya menyampaikan, selamat datang Bupati OKU Timur, H. Lanosin dan berterima kasih sudah menyempatkan waktu hadir disini diacara Bersih Desa (Ruwatan).

“Walaupun kemungkinan Pak Bupati banyak kesibukan dengan pekerjaan, Tapi Alhamdulillah telah menyempatkan hadir  di Desa Sidorejo ini,” ucap Kades.

Pada kesempatan itu,  Bupati OKU Timur, H. Lanosin mengatakan, “Saya menyambut baik serta memberikan apresiasi kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah bersama-sama menyelenggarakan Pentas Seni Wayang Kulit sekaligus Bersih Desa (Ruwatan) yang dikemas dalam peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 ini.

“Seni Pewayangan merupakan warisan budaya yang mesti dipertahankan dan harus kita jaga kelestariannya. Mari kita jaga tradisi kita, dengan gelaran wayang kulit ini tentunya menjadi penyemarak perayaan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI,” ungkapnya.

Dikatan oleh orang nomor satu di Bumi Sebiduk Sehaluan ini, “Tak hanya itu, bersih desa (Ruwatan) ini mendorong masyarakat Sidorejo bisa memberikan manfaat kepada yang lain, Serta dapat mempertahankan kehidupan yang guyub dan budaya gotong royong.

“Tentunya kita semua berharap momentum ini dapat meningkatkan rasa syukur kita atas segala keberkahan yang Allah SWT berikan kepada kita semua, khususnya bagi seluruh masyarakat Desa Sidorejo,” pungkasnya.**@(Eko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here