Beranda Lampung Ali Rahman Resmi Buka Pelatihan Vokasional Desain Label dan Kemasan Produk Bagi...

Ali Rahman Resmi Buka Pelatihan Vokasional Desain Label dan Kemasan Produk Bagi Pelaku UMKM di Way Kanan

55
0
BERBAGI

Kabupaten Way Kanan – Lampung, Wartareformasi.com – Wakil Bupati (Wabup) Way Kanan, Drs. Ali Rahman, M.T., menghadiri sekaligus secara resmi membuka pelatihan vokasional desain label dan kemasan produk bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bumi Ramik Ragom, berlangsung di Almer Homestay Baradatu, Senin (28/3/2022).

Pada kesempatan itu juga dihadiri, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Lampung, Drs. Samsurijal, M.M., Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Way Kanan, Camat Baradatu, Narasumber, dan peserta pelatihan.

Wakil Bupati (Wabup) Way Kanan, Drs. Ali Rahman, M.T., dalam kata sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Lampung, Drs. Samsurijal, M.M yang telah hadir di Kabupaten Way Kanan “Bumi Ramik Ragom”.

Ali Rahman menyampaikan bahwa dimasa pandemi sekarang ini keuntungan online shop atau penjualan online meningkat sangat drastis karena tercipta budaya baru yaitu belanja online. “Salah satu kelebihan belanja online ialah kita dirumah saja tidak perlu kemana-mana dan semua dilakukan lewat smart phone atau laptop,” katanya.

Lanjutnya, Belanja online membuat konsumen mengandalkan visual suatu produk, maka dari itu packaging ataupun branding menjadi sangat penting karena itu adalah cara konsumen bisa melihat dan mengenal produk kita, untuk itu harapannya pelaku UMKM semakin produktif dan juga berdaya saing global, semakin kompetitif sehingga produk yang kita miliki tidak hanya dinikmati masyarakat lokal, tapi dapat menjangkau kabupaten maupun kota diluar Way Kanan,” imbuhnya.

Menurutnya, Perlu saya sampaikan kepada Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Lampung, saat ini ada beberapa produk yang dikelola dan dihasilkan oleh pelaku UMKM di Kabupaten Way Kanan baik itu produk makanan, minuman, kerajinan dari limbah kayu dan lain sebagainya. namun demikian kami menyadari dari produk-produk yang dihasilkan tersebut masih banyak yang harus dipelajari dan dipahami oleh pelaku UMKM itu sendiri, salah satunya ialah mengenai managemen dagang.

“Maka dari itu, harapannya melalui pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas SDM pelaku UMKM kami, sehingga mampu memberikan pemahaman secara menyeluruh terkait teori dan implementasinya, sehingga berdampak positif untuk usahanya masing-masing yang saat ini mereka hasilkan,” ungkapnya.

Orang nomor dua di Bumi Ramik Ragom ini, berharap kepada pelaku UMKM dan kita semua yang hadir disini, untuk membangun bisnis menjadi besar itu, salah satunya dengan konsisten membangun brand, desain kemasan, karena kemasan adalah identitas visual sebuah brand dalam rangka membangun persepsi positif tentang produk, maka dari itu desain kemasan harus dibuat menarik agar produk dapat menang dipasaran.

“Mengingat begitu pentingnya kemasan sebuah produk, untuk itu saya berharap kepada para peserta agar dapat bersungguh-sungguh dan serius mengikuti pelatihan ini, sehingga materi yang disampaikan narasumber dapat terserap dengan baik, dan ilmunya dapat direalisasikan ditempat tinggal masing-masing,” tukasnya.**@(Erwin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here