Beranda Lampung Ali Rahman Hadiri Pembukaan Pertemuan Audit dan Manajemen Kasus Stunting

Ali Rahman Hadiri Pembukaan Pertemuan Audit dan Manajemen Kasus Stunting

368
0
BERBAGI

Kabupaten Way Kanan – Lampung, Wartareformasi.com – Wakil Bupati Way Kanan, Drs. Ali Rahman, M.T., menghadiri pembukaan pertemuan audit dan manajemen kasus stunting.

Turut hadir, BKKBN Provinsi Lampung, Bapak Drs. Rudy Budiman, beserta jajaran, Asisten I Setdakab Way Kanan, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Camat se-Kabupaten Way Kanan, Para Ketua Organisasi Profesi, Kepala UPT KB Se-Kabupaten Way Kanan, Para Penyuluh KB Se-Kabupaten Way Kanan, Pengurus Forum Anak Kabupaten Way Kanan, Rabu (23/3/2022).

Wakil Bupati Way Kanan, Drs. H. Ali Rahman M.T., mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, Drs. Rudy Budiman yang telah berkenan hadir di Kabupaten Way Kanan yang berslogan Bumi Ramik Ragom,” ucapnya.

Menurut Wakil Bupati, Peningkatan kualitas manusia indonesia merupakan salah satu misi sebagaimana tertera pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020 — 2024 dengan salah satu indikator dan target prevalensi stunting (pendek dan sangat pendek) pada balita yaitu 14 persen pada tahun 2024.

Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting telah ditetapkan 5 (lima) strategi nasional dalam percepatan penurunan stunting, yaitu:
Pertama : Peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan di kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, pemerintah
daerah kabupaten/kota, dan pemerintah
kampung/desa;
Kedua : Peningkatan komunikasi perubahan
perilaku dan pemberdayaan masyarakat;

Ketiga : Peningkatan konvergensi intervensi spesifik dan intervensi sensitif di kementerian/ lembaga, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, dan pemerintah kampung/desa;
Keempat : Peningkatan ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga, dan masyarakat; dan
Kelima : Penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset, dan inovasi.

Dijelaskan Wakil Bupati, Berdasarkan hasil reset kesehatan dasar, prevalensi stunting pada balita telah mengalami penurunan dari 37,2 persen di tahun 2013 menjadi 30,8 persen pada tahun 2018, namun angka ini masih cukup tinggi, karena artinya ada 1 dari 3 balita kita masih mengalami stuntin, begitu pula pada tahun 2017 berdasarkan penelitian Pemantaun Status Gizi (PSG) angka stunting.

“Kabupaten Way Kanan Berada di persentase 30,07 persrn sedangkan 2018 berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kabupaten Way Kanan 36,07 persen dan berdasarkan Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) Tahun 2019 angka stunting Kabupaten Way Kanan sebesar 18,09 persen. Sementara itu, untuk angka Stunting pada tahun 2020 tidak ada penelitian dikarena terkendala pandemi covid-19 yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Way Kanan,” ungkapnya.

Lanjut Wabup Way Kanan, kepada Kepala BKKBN Provinsi Lampung yang saya hormati, Kami menyadari bahwa untuk mencapai hasil yang optimal dibutuhkan dukungan dan bantuan dari semua pihak untuk menyukseskan percepatan penurunan stunting di Indonesia menjadi 14 persen pada akhir tahun 2024. Angka prevalensi stunting di Indonesia masih cukup tinggi, sedangkan waktu efektif yang tersisa hanya 2,5 tahun, untuk itu, untuk mencapai target tersebut tentunya tidaklah mudah, tetapi dengan kerja keras bahu-membahu dari semua komponen dan elemen bangsa, pemerintah maupun swasta serta perguruan tinggi dan LSM, hal yang mustahil dapat menjadi mungkin, mari bergerak bersama menyukseskan program nasional ini untuk generasi Indonesia yang berkualitas,” jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Way Kanan berharap agar mendapatkan masukan dan arahan serta bimbingan dari Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Lampung, terutama terkait program kerja dan arah kebijakan yang diperlukan, dalam upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Way Kanan.

“Akhirnya, dengan mengucap Bismillahirrahman nirrahim pertemuan audit stunting dan manajemen kasus stunting Kabupaten Way Kanan secara resmi saya nyatakan dibuka,” tukasnya.**@(Erwin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here