Beranda Banten Atasi Kekurangan Air Poktan P3A Cikadu Bangun Irigasi

Atasi Kekurangan Air Poktan P3A Cikadu Bangun Irigasi

84
0
BERBAGI

Pandeglang, Warta Reformasi- Untuk bangkitkan kesejahteraan dan meningkatkan hasil pertanian, Kelompok Tani P3A Cikadu desa Pandat atasi kekurangan air, bangun irigasi pengairan sawah, hal tersebut terucap oleh ketua Poktan Cikadu H Wayudin di lokasi pembangunan, Rabu (3/7).

Peningkatan infrastruktur irigasi pertanian dilaksanakan dengan cara memberdayakan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dan Kelompok Tani, mulai dari perencanaan awal sampai pelaksanaan fisik dilapangan (pelaksanaan secara padat karya),”Kata H Wayudin.

“Program padat karya infrastruktur pertanian ini diharapkan dapat menyentuh langsung kebutuhan publik sehingga dapat memberikan kontribusi selain peningkatan produksi pertanian, juga pengentasan kemiskinan dan penyediaan lapangan kerja,” paparnya.

Senada juga di sampaikan ketua P3A Cikadu Desa Pandat Ruhita, memaparkan pembangunan irigasi kolompok Cikadu sesuai speakulasi yang ada tidak mengecewakan masyarakat khususnya petani pesawahan, di bangun irigasi ini kan untuk kepentingan kami juga, ” katanya.

Pembangunan irigasi ini nantinya dapat mengatasi kekurangan air, masyarakat tidak lagi mengkhawatirkan lagi ketika musim kemarau tiba, “dengan adanya pembangunan irigasi pasti mencukupi air mengaliri kesawah,” ucap Ruhita.

Ruhita menjelaskan, beberapa keunggulan dari peningkatan infrastruktur irigasi pertanian melalui progam padat karya, diantaranya : (1) meningkatnya semangat partisipatif dan gotong royong; (2) harga kontruksi lebih murah dibandingkan dengan kontraktual; (3) meningkatnya rasa memiliki terhadap sarana yang dibangun; (4) meningkatnya pendapatan petani/masyarakat.

“Kegiatan program padat karya oleh masyarakat petani (P3A dan Poktan) dilakukan melalui pola transfer dana pemerintah langsung ke rekening kelompok penerima manfaat. Dana ini untuk digunakan dalam pembangunan fisik infrastruktur irigasi pertanian,” tutur Ruhita.

Pelaksanaan konstruksi Irigasi Pertanian sendiri dilaksanakan secara swakelola oleh P3A/Poktan secara bergotong-royong dengan memanfaatkan partisipasi dari anggotanya.**@Kamri/Burhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here