Beranda Sumsel PROYEK PENINGKATAN DAN PELEBARAN RUAS JALAN G1. MATARAM – AIR DERAS TUNTAS...

PROYEK PENINGKATAN DAN PELEBARAN RUAS JALAN G1. MATARAM – AIR DERAS TUNTAS DIKERJAKAN

272
0
BERBAGI

MUSI RAWAS, Warta Reformasi– Tahun lalu ( 2018 ) proyek Peningkatan dan Pelebaran Ruas Jalan G1. Mataram – Air Deras ( DAK Penugasan ) yang berlokasi di Kecamatan Tugumulyo – STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan Tuntas dikerjakan.

Kepala Bidang ( Kabid ) Pemeliharaan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Musi Rawas Ardi Irawan, ST di dampingi Alvin Setiawan, ST saat di wawancarai Wartawan di ruang kerjanya, Selasa ( 19/02/19 ) Pk.10.00 Wib mengatakan, Tahun lalu ( 2018 ) Dinas PU Bina Marga telah mengerjakan proyek Peningkatan Dan Pelebaran Ruas Jalan G1 Mataram – Air Deras ( DAK Penugasan ) yang lokasinya di Kecamatan Tugumulyo – STL Ulu Terawas yang dikerjakan oleh PT. Dua Putra Aditya dengan Konsultan Pengawas CV. Bagaskara Engineering dengan dana sebesar Rp. 12.373.495 Milyar.

” Pelaksanaan kegiatan ini mulai kita kerjakan sesuai dengan kontrak selama 180 hari, dimulai (Titik Nol) dari akhir bulan Maret sampai serah terima pertama (PHO) pada bulan Oktober 2018 dengan masa pemeliharaannya selama 210 hari setelah dilaksankannya PHO,” Papar Alvin seraya menambahkan, Pekerjaan Peningkatan dan Pelebaran Ruas Jalan ini melanjutkan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2016 yang telah dikerjakan dari Simpang 3 Desa G1. Mataram sampai Simpang 4 Desa H. Wukir Sari,” ungkap Alvin.

Lebih lanjut Alvin mengatakan, Panjang jalan yang diaspal Hotmix yakni 11.321 Meter dengan lebar jalan yang bervariasi dengan pelebaran jalan dari 3,5 Meter menjadi 5 Meter dimulai dari Simpang Empat Desa H. Wukir Sari sepanjang 611 Meter (Awal Kegiatan) dan Simpang Tiga Desa Sumber Karya sepanjang 264 Meter ( Akhir Kegiatan ).

Pelapisan kembali aspal lama selebar 3,5 Meter, Serta Rigid Pavement ( Jalan Beton ) dengan lebar 4 Meter sepanjang 2.028 Meter yang pembangunannya terletak di Desa Sukakarya dan Desa Sumber Karya. Beberapa titik jalan tidak langsung kita lakukan pengaspalan, Namun kita lakukan pengecoran (Rigid) terlebih dahulu tersebut dekat dengan daerah aliran sungai, Irigasi dan Persawahan, Yang mana apabila air tersebut meluap ke jalan ( Banjir ) membuat jalan tersebut terendam dalam waktu yang lama dan dapat mengakibatkan kerusakan pada konstruksi jalan.

Beberapa titik tersebut sudah beberapa kali kita aspal, Namun rusak kembali. Untuk itulah kita melakukan pengecoran terlebih dahulu kemudian barulah kita aspal Hotmix,” jelas Alvin.

Lanjut Alvin menambahkan, Harapan kami dari Dinas PU Bina Marga agar masyarakat setempat untuk dapat menjaga jalan yang sudah dibangun tersebut dengan tidak menggunakan kendaraan yang melebihi tonase yang diizinkan yaitu 6 Ton agar jalan tersebut bisa bertahan lama. Dinas PU Bina Marga sudah memasang tiga titik portal yang letaknya di Desa Sukorejo, Desa Srimulyo dan Desa Sumber Karya pada ruas jalan tersebut.

Pemasangan portal ini bukan untuk menghambat lalu lintas namun bertujuan untuk menjaga agar kendaraan yang melebihi tonase tidak melewati jalan.
”Sayang sekali kalau jalan yang telah dibangun menjadi rusak kembali dan merugikan masyarakat pengguna jalan,” Ujar Alvin.

Ditempat terpisah, Ngadino masyarakat setempat saat dimintai komentarnya mengatakan, Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Musi Rawas serta Dinas PU Bina Marga yang telah membangun jalan kami kembali, Karena sudah beberapa tahun ini kami tidak menikmati kembali jalan mulus seperti ini.

” Saya beserta masyarakat disini mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Bupati dan Dinas PU Bina Marga yang telah memperhatikan jalan kami sehingga jalan kami ini mulus kembali. Kami mendoakan Bapak Bupati H Hendra Gunawan agar sehat selalu dan selalu dalam lindungan yang Maha Kuasa.
“Hanya tuhan yang bisa membalas kebaikan bapak,” ungkap Ngadino.**@( Al Jupri )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here